WAR Mudik Tak Bisa Dihindari, Ini Beberapa Tips yang Dapat Dilakukan Saat Terjebak Macet Dalam Pejalanan Jauh

Source: Istockphoto.com by Yamtono_Sardi

InfoMJLK.id -- Halo baraya infomjlk. Duh lebaran semakin dekat. Orang - orang mulai pada libur kerja. Anak sekolah juga sudah banyak yang libur. Itu artinya ini waktunya untuk WAR mudik. Ya, seperti yang kita ketahui dikala bulan ramadhan tiba terutama menjelang hari raya, orang - orang tentu ingin segera pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Namun sebelum itu ada saatnya kita pasti menghadapi yang namanya kemacetan. Libur tiba menjelang hari raya, macet pun tak bisa dihindari. Tapi apa baraya tau, macet yang berkepanjangan ternyata tidak baik juga loh untuk diri kita pribadi. Bahkan ada orang yang pernah sakit karena lamanya terjebak macet. Oleh sebab itu ketika melakukan perjalanan jauh saat mudik ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Apa saja yang bisa kita siapkan ketika hal itu terjadi? Lihat infonya di bawah ini ya,


1. Persiapkan air minum yang cukup


Perlu perhatikan bahwa tubuh manusia memerlukan banyak cairan agar terhindar dehidrasi. Ketika macet tiba baik bagi pemudik yang menggunakan kendaraan motor maupun mobil harus mempersiapkan air minumnya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh. Tentu hal itu untuk memenuhi asupan air di dalam tubuh kita agar tidak dehidrasi. Ingat, air mineral/air putih. Jangan es teh manis banyak-banyak nanti diabetes haha.


2. Menahan emosi


Poin kedua ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Siapa sih yang gatau dampak mudik? Bukan hal aneh lagi bagi para pemudik yang mengalami macet. Maka dari itu coba diusahakan untuk menahan emosinya sejenak ya. Karena, mudik dikala menjelang lebaran ini bisanya identik dengan macet. Jadi ibu, bapak, mas, mba, adek, kakak, mohon bersabara ya saat terjebak macet. Jangan marah - marah ke pemudik lain soalnya macet itu sudah biasa.


3. Cukupi ketersediaan makanan


Kalau tadi tentang minum, sekarang soal makanan. Ya, benar, terjebak macet mungkin tidak selalu lama hingga memakan waktu 4 - 5 jam. Namun alangkah baiknya jika kita juga menyiapkan makanan atau cemilan saat bepergian jauh. Setidaknya keluarga atau teman - teman tidak uring - uringan lah yah kalo kata orang sunda mah pas dijalan gara-gara tidak ada makanan. Eh satu lagi yang paling penting dan utama jaga kesehatan. Usahakan badan fit dan siap dibawa pergi jauh, oke!


4. Berkendara dengan santai, aman, dan fokus


Berikutnya cobalah untuk berkendaraan dengan santai, aman, dan tetap fokus. Enjoy aja di jalan mah. Nikmati perjalanan walau macet menerpa haha. Tapi iya, intinya kalau bepergian jauh apalagi mau lebaran harus lebih hati-hati saat dijalan. Soalnya yang namanya hidup, takdir, atau musibah gaada yang tau. Siapa, kita bukan Tuhan dan semua tak memandang umur. So, enjoy your mudik tapi tetap fokus dan aman ya demi diri sendiri atau keluarga.


5. Sempatkan istirahat sejenak


Jika dirasa capek, ngantuk, pegel, coba istirahat dulu ya baraya. Tidur pun tak masalah asal di tempat yang pas seperti rest area. Regangkan bada sejenak, santai dengan makan minum dulu, kalau sudah oke baru deh lanjut lagi perjalan. Please jangan paksa diri kita kalau memang sudah lelah atau memerlukan istirahat sejenak. Karena bahaya jika tak dilakukan. 

Post a Comment

0 Comments