Tips Berbenah Keuangan Usai Libur Lebaran ala Minfo

Source: Istockphoto.com 

InfoMJLK.id -- Baraya sekalian, Hari Raya Idul Fitri 1445 H telah usai. Saatnya kita semua kembali ke rutinitas masing-masing, bekerja mencari pundi-pundi rupiah agar dompet terisi kembali. 

Untuk itu, minfo mau sedikit berbagi tips dengan baraya dalam membenahi keuangan usai libur lebaran. 

1. Periksa catatan keuangan selama Ramadhan dan liburan 

Sudah menjadi hal lumrah jika pengeluaran lebaran bertambah lantaran adanya pengeluaran tambahan untuk THR, oleh-oleh, biaya mudik, biaya liburan dll. 

Coba periksa kembali catatan pengeluaran baraya, apakah sudah sesuai dengan dana yang dianggarkan? Jika baraya mampu berhemat, realisasi pengeluaran tentu lebih rendah dari anggaran yang dimiliki. 

Nah, baraya bisa memanfaatkan sisa dana tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan. Sebaliknya, jika pengeluaran lebih besar dari dana yang dianggarkan, sepertinya baraya perlu mengecek kembali keuangan, apakah ada utang atau tabungan yang terpakai untuk menutup kekurangan tersebut? Ini perlu baraya cek dan perbaiki. 

2. Jika memiliki utang apalagi paylater, segera lunasi agar tidak menumpuk 

Memanfaatkan paylater atau produk pinjaman untuk berbelanja atau menunjang kebutuhan memang mudah, tapi perlu diingat, ada bunga dan biaya yang perlu dibayarkan. Agar utang tidak membebani keuangan, segera lunasi utang tersebut dan tentunya hidnari kebiasaan "gali lubang tutup lubang". 

3. Batasi pengeluaran harian, untuk memperbaiki cash flow keuangan 

Pengeluaran tambahan dan utang membuat cash flow tidak lancar, untuk memperbaikinya baraya perlu berhemat. Buat anggaran kebutuhan pokok berdasarkan skala prioritas, sesuaikan dengan dana yang dimiliki dan hindari menambah utang. 

4. Konsisten menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan masa depan 

Saat libur lebaran mungkin baraya terpaksa mencairkan tabungan karena THR yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan lebaran. 

Jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan, sebab dampaknya bisa buruk terhadap tabungan keperluan masa depan. 

Untuk itu, baraya perlu konsisten menabung dan berinvestasi, menyisihkan dana bonus dan THR untuk menabung akan lebih bermanfaat dibanding mengambil tabungan untuk biaya libur lebaran. 

5. Pertahankan kebiasaan baik di bulan Ramadhan seperti berhemat dan bersedekah 

Selama bulan Ramadhan pasti ada banyak hal baik yang dilakukan, seperti membeli makanan secukupnya yang jauh lebih hemat atau rutin bersedekah dari penghasilan yang disisihkan. Meski bulan Ramadhan telah berlalu, kebiasaan baik seperti ini tentu perlu dipertahankan. 

Demikian sedikit tips dari minfo dalam membenahi keuangan usai libur lebaran.

Post a Comment

0 Comments