TNGC Tutup Sementara Pendakian Gunung Ciremai Guna Pemulihan Ekosistem

Source: infomjlk.id

INFOMJLK.ID - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jawa Barat, menutup sementara aktivitas pendakian di Gunung Ciremai selama sebulan terhitung dari tanggal 11 Maret hingga 11 April 2024 untuk pemeliharaan serta pemulihan ekosistem secara alami. 

Pihak TNGC menyampaikan langkah ini diambil agar kondisi ekosistem di Gunung Ciremai kembali pulih, dengan membiarkan seluruh flora dan fauna berkembang tanpa adanya aktivitas manusia yang melakukan pendakian. 

Pihaknya juga menekankan, kebijakan ini merupakan salah satu langkah proaktif untuk memelihara keanekaragaman hayati, serta mengembalikan keasrian alam pada gunung tertinggi di Jawa Barat. 

Penutupan tersebut diberlakukan pada lima jalur pendakian resmi di Gunung Ciremai yang berada di Kuningan dan Majalengka. Setelahnya, jalur itu akan kembali dibuka untuk para pendaki pada 12 April 2024. 

Selain itu, penutupan jalur pendakian ini diberlakukan dalam rangka menghormati nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat setempat yang tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Post a Comment

0 Comments