Apa aja Sih Sunnah Ketika Hendak Berbuka Puasa? Intip di Bawah ini Yuk!

Source: Istockphoto.com by cemagraphics

InfoMJLK.id -- Sebagai umat muslim yang menjalankan puasa pasti tau lah yah apa aja sih sunnah-sunnah yang bisa dikerjakan ketika bulan Ramadhan berlangsung. Terus juga sunnah saat berbuka puasa tuh apa dan harusnya gimana. Sebagai contoh kata, “berbuka lah dengan yang manis-manis.” Nah itu merupakan saran yang selalu dilakukan dan diketahui banyak orang muslim ketika berpuasa. Tapi emang bener yah kalau buka puasa itu memang harus didahului dengan yang manis-manis? Daripada bingung coba kita cek infonya di bawah ini aja yuk!

Berbuka puasa itu memang dianjurkan untuk memakan yang manis tapi sebelum itu masih ada sunnah atau adab lain yang menjadi anjuran saat berbuka puasa, itu ialah:

1. Memperbanyak doa sebelum berbuka puasa

Jadi hal pertama yang harus kita lakukan yaitu perbanyaklah berdoa saat menjelang waktu berbuka. Jadi tidak hanya ngabuburit nyari takjil saja ya baraya, alangkah baiknya kita juga berdoa seperti berdzikir dengan membaca syahadat dan istighfar. Atau bacaan doa apapun selain itu.

2. Menyegerakan untuk berbuka ketika tiba waktu buka puasa

Ketika adzan sudah berkumandang alangkah baiknya jika kita langsung menyegerakan untuk berbuka puasa, seperti yang tercantum dalam HR. Ibnu Majah, “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Lalu dalam HR. Bukhari, Muslim, “jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.

3. Membaca bismillah dan doa berbuka puasa

Saat waktu berbuka tiba jangan lupa untuk membaca bismillah dan doa buka puasa. Hal ini mungkin sudah biasa kita lakukan tapi alangkah baiknya kita terus mengingat dan melakukan sunnah ini sehingga ketika berbuka puasa, ibadah puasa kita menjadi lebih berkah juga. Namun ada doa lain yang juga diamalkan Rasulullah SAW ketika berbuka puasa, yaitu: “dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah.” Yang artinya: “Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah.” (HR Abu Dawud & Baihaqi)

4. Berbuka dengan kurma dan air putih

Anjuran berikutnya ialah dengan memakan kurma terlebih dahulu. Seperti yang tercantum dalam HR Abu Dawud, Ahmad, Tirmidzi & Hakim, “Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa kurma yang masih basah sebelum sholat (Maghrib). Jika tidak ada, beliau berbuka dengan beberapa kurma kering. Jika tidak ada, beliau berbuka dengan meminum air.” Hendaklah memakan atau meminum itu sebelum mendirikan shalat maghrib yang kemudin dilanjutkan dengan makan makanan berat setelahnya.

Nah jadi baraya, sebenarnya kata berbuka lah dengan yang manis itu tidak ada dalam hadits dan alangkah baiknya jika berbuka dengan kurma atau air putih terlebih dahulu. Tapi mungkin jika memang kurma tidak ada, boleh juga dengan air putih dan makanan manis. Mohon koreksi kalau minfo keliru ya. Intinya jangan lupa untuk mengamalkan beberapa sunnah diatas. Apalagi dalam memperbanyak berdoa saat hendak berbuka, karena dalam HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa hingga ia berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi.

Post a Comment

0 Comments