Sasakala Desa Padahanten, dan Rasa Ingin Tinggal di Sana Selamanya

Source:Youtube.com by Afih Raya Channel/Captured

Infomjlk.id - Berdasarkan Buku 'Deskripsi Sejarah Desa Kabupaten Majalengka' Tahun 2012. Desa Padahanten, Kecamatan Sukahaji, berdiri kurang lebih pada abad 17. Pada waktu itu keadaan masih berupa hutan belantara. Namun, di sebelah barat sungai Cipadayang didiami oleh penduduk, dijadikan areal pesawahan dan pemukiman, sedangkan sebelah timur sungai Cipada masih hutan belantara seperti buyut Cimuringis sekarang. Penduduk merasa tentram dan damai karena alam yang subur, banyak air, sehingga pertanian dan binatang ternak berkembang biak dengan baik. 

Namun kendala dan gangguan terhadap tanaman begitu banyak terutama kera, babi hutan, macan tutul, dll (sekarang masih tersisa dihutan Cimuringgis). Mengenai letak pemukiman jaman dahulu, terletak di sebelah timur Desa Padahanten Kecamatan Sukahaji sekarang didekat sungai Cipada dekat Leuwi Suweng (Sawah Bpk. Saptani Sewi Sukri Desa) disanalah asal mula warga desa Padahanten bermukim. 

Mengingat keadaan alam yang kurang aman akibay adanya gangguan binatang buas. Maka, Embah Eyang Arya Salingsing, Embah Eyang Buyut Alit (Embah Eyang Mandar), Nyi Rambut Kasih dan Nyi Intan Sari, serta Embah Eyang Jaya Anom (Eyang Juru Tulis) mengadakan musyawarah. 

Hasil musyawarah tersebut menghasilkan gagasan supaya pemukiman penduduk dipindahkan ke tempat yang relatif lebih aman (areal pemukiman penduduk sekarang). Namun, kata Embah Eyang Arya Salingsing, besok atau lusa anak cucu kita akan kekurangan air, sebab letak tempatnya menyerupai punggung kura-kura. Meski begitu, di areal yang baru ditempati tersebut keadaan terbilang aman, tentram, subur dan makmur. 

Di tempat yang baru inilah diadakan musyawarah untuk menentukan nama desa, dan atas hasil kesepakatan bersama tercetuslah nama 'PADA-ANTENG', arti kata 'PADA-ANTENG' yaitu hidup bersih (tenang). Maka, ada semacam sugesti bila orang luar desa kalau sudah diam atau menetap hidup di Padahanten jarang yang ingin pulang atau kembali ke desanya lagi, melainkan menetap terus di Desa Padahanten. 

Akhirnya, berdirilah Desa Padahanten seperti yang ada sekarang ini. Terletak diwilayah Kec. Sukahaji, Kabupaten Majalengka, yang penuh dengan dinamika kehidupan masyarakat didalamnya.

Post a Comment

0 Comments