Kira - Kira Goals Apa yang Ingin Diraih Pemkab Majalengka dengan Hadirnya Kembali CFD

Source: Infomjlk Doc

Infomjlk.id - Seperti yang telah baraya ketahui, Car Free Day (CFD) akan kembali dilaksanakan di Kab. Majalengka setiap hari Minggu mulai 21 Januari 2024, dengan lokasi baru di Jl. Pemuda: Dari Pertigaan Satari - Perempatan Cijati. 

Melalui survei yang dilakukan oleh tim @infomjlk pada postingan instagram terkait CFD, respon baraya cukup beragam rupanya. Banyak yang menanggapi hal tersebut dengan positif, dengan harapan adanya kembali CFD tersebut bisa jadi multi sarana terhadap berbagai kegiatan seperti olahraga, rekreasi, sosialisasi, hingga niaga tentunya. Namun, tak sedikit pula dari baraya yang merespon dengan kritik dan mempertanyakan efektivitas dari CFD tersebut, seperti halnya solusi terkait kebersihan setiap kali selesai CFD, sistem CFD yang akan diterapkan nantinya, juga akses terhadap masyarakat sekitar area CFD (Pemukim, Pelaku usaha di bidang jasa dan lain-lain yang kemungkinan besar mobilitasnya terganggu). 

Lantas, dengan hadirnya kembali CFD ini, kira-kira goals (pencapaian) apa yang ingin diraih oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka? 

Jika dilihat secara umum, fungsi dan manfaat Car Free Day (CFD) merupakan sebuah gerakan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor atau bermobil. Gerakan ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar di dunia. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI, Nomor 41, Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, dikatakan bahwa Udara sebagai sumber daya alam yang mempengaruhi kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya harus dijaga dan dipelihara kelestarian fungsinya untuk pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan manusia serta perlindungan bagi mahluk hidup lainnya. 

Agar udara dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi pelestarian lingkungan hidup, maka perlu dipelihara, dijaga dan dijamin mutunya melalui pengendalian pencemaran udara. Salah satu upaya pengendalian pencemaran udara yang dilakukan oleh banyak pemerintah kota atau kabupaten di Indonesia diantaranya dengan memberlakukan hari bebas kendaraan (Car Free Day). 

Adapun manfaat Car Free Day (CFD) bagi masyarakat kota antara lain adalah: 

1. Sarana Olahraga

Olahraga masyarakat yang dapat dilakukan pada saat CFD di antaranya adalah jalan santai, jogging, senam, sepatu roda, ataupun bersepeda. Area CFD bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat yang mau berolahraga dengan nyaman tanpa khawatir terganggu oleh kendaraan bermotor/bermobil. 

2. Sarana Rekreasi

Banyak masyarakat yang datang pada saat CFD secara bersama-sama antar teman atau dengan keluarga. Sambil berolahraga, berekreasi dengan melihat berbagai event yang diadakan berbagai kelompok. Selain itu CFD merupakan tempat yang cocok untuk bersosialisasi sehingga masyarakat merasa senang mempunyai sarana umum untuk kegiatan positif. 

3. Ajang Berjualan Pedagang Kecil - Menengah

Saat beristirahat setelah olahraga, biasanya masyarakat akan menikmati jajanan yang ada di sekitar area CFD. Hal ini yang dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menjajakan dagangannya. Selain itu para pedagang juga menjual berbagai macam dagangan seperti mainan anak, baju, sepatu, dan aksesoris lainnya. 

Selain ketiga manfaat di atas, kegiatan Car Free Day (CFD) juga cocok dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat terkait isu-isu penting seperti lingkungan dan lain sebagainya, dengan pengadaan event-event khusus.

Post a Comment

0 Comments