Jepang Kembali Diguncang Gempa 6 Skala Ritcher

Source: Detik.com

Infomjlk.id - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Jepang tengah pada Selasa (9/1/2024). Badan Meteorologi Jepang, melalui news.detik.com mengatakan bahwa gempa 6 skala ritcher tersebut tidak memicu peringatan tsunami.

Gempa bumi tersebut terjadi di lepas pantai Laut Jepang, mengguncang wilayah yang sama di mana gempa dahsyat terjadi bertepatan dengan tahun baru, yang menewaskan lebih dari 200 orang. 

Belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban akibat gempa terbaru ini. Sebelumnya, gempa 7,5 skala ritcher mengguncang Jepang tengah pada 1 Januari lalu. Korban jiwa akibat gempa dahsyat yang meratakan sebagian wilayah Jepang tengah itu telah melampaui angka 200 orang pada hari Selasa (9/1/2024). Dan lebih dari 100 orang lainnya belum ditemukan. 

Tumpukan salju tebal telah mempersulit upaya penyelamatan. Hujan yang turun selama berhari-hari juga meningkatkan risiko tanah longsor lebih lanjut. Sementara itu, salju tebal baru yang tingginya lebih dari 10 sentimeter dapat menyebabkan lebih banyak bangunan runtuh karena beratnya salju, demikian pemerintah daerah setempat memperingatkan. 

Sekitar 18.000 rumah di wilayah Ishikawa masih tanpa listrik pada hari Senin (8/1/2024), sementara lebih dari 66.100 rumah tanpa air pada hari sebelummya. 

Jepang mengalami ratusan gempa bumi setiap tahunnya, namun sebagian besar tidak menimbulkan kerusakan karena peraturan bangunan yang ketat yang diterapkan selama lebih dari empat dekade. 

Namun, meski demikian banyak bangunan yang berusia lebih tua, terutama di distrik yang mudah menua dengan cepat di daerah pedesaan seperti Noto.

Post a Comment

0 Comments