Gender Apa Saja Yang Muncul di Era Sekarang? Simak Penjelasannya!

Source: Pixabay.com by naeimasgary


Infomjlk.id - Tidak hanya di Indonesia, permasalahan status gender ini sudah banyak bermunculan bahkan di seluruh penjuru dunia, namun yang berbeda adalah sifat orang lama yang menganggap perbedaan tersebut sebagai aib, berbeda dengan zaman sekarang yang menganggap hal tersebut adalah keberagaman dan sebagian orang mulai nampak menerima dengan pikiran terbuka. Lalu ada berapa banyak gender yang muncul di dunia saat ini? Apa saja sebutan gender tersebut yang bisa mengkategorikan karakter seseorang? Gender yang awalnya pria dan wanita saja bertambah menjadi LGBT lalu tambah lagi menjadi LGBTQIA+. Nah apa itu, simak penjelasannya di bawah.

1. Lesbian
Sudah banyak orang yang tau apa itu lesbian. Lesbian merupakan seorang wanita yang sama-sama menyukai wanita. Dan biasanya salah seorang wanita akan bersikap layaknya lelaki dari segi penampilannya. Namun ada juga yang tetap berpenampilan biasa sesama wanita.
2. Gay
Gay merupakan seorang pria yang menyukai sesamanya, pria. Tidak jauh berbeda dengan lesbian hanya kebalikannya saja. Penampilannya pun tetap pria namun sikapnya akan seperti wanita.
3. Biseksual
Biseksual merupakan sebutan untuk orang yang menyukai atau tertarik pada lebih dari jenis  kelamin. Contoh, seorang pria menyukai wanita maupun pria. Begitu juga wanita yang menyukai pria maupun wanita.
4. Transgender
Orang yang akan mengganti kelaminnya disebut sebagai transgender. Transgender merupakan orang-orang yang bersikap menyimpang hingga akhirnya merubah penampilan dan jenis kelamin menjadi apa yang mereka inginkan. Sesuai jiwa atau sikap mereka. Bisa laki-laki menjadi wanita atau sebaliknya.
5. Questioning
Merupakan seseorang yang masih mempertanyakann gendernya. Meskipun sudah jelas dia adalah pria atau wanita namun tetap mencoba untuk mencari jati diri yang sebenarnya.
6. Interseks
Intersesk merupakan seseorang yang lahir dengan jenis kelamin, hormon, dan kode genetik yang bervariasi. Sehingga, mereka tidak bisa digolongkan sebagai pria atau wanita.
7. Aseksual
Seseorang yang tidak memiliki ketertarikan seksual atau romantis kepada orang lain sama sekali bisa disebut aseksual.
8. Other
Other yang dimaksud seperti tanda + yang artinya masih ada beberapa gender yang bisa dikategorikan berbeda, seperti NonBinary; seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai pria maupun wanita, serta Panseksual; suatu ketertarikan seksual atau romantis kepada orang lain yang memiliki kepribadian tertentu, terlepas dari jenis gender dan orientasi seksualnya.

Beberapa gender ini sudah ada bahkan banyak orang yang mengkategorikan dirinya berdasarkan gender yang disebutkan diatas. Tidak masuk akal, namun ada yang namanya HAM dan itu menjadi acuan banyak orang di seluruh dunia.


Post a Comment

0 Comments