BMKG Rilis Penyebab Puting Beliung di Kawasan Industri Rancaekek Bandung

Source: Doc Ulul Azmi

INFOMJLK.ID - Sore ini, Rabu (21/2/2024) telah terjadi fenomena langka di kawasan industri Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung. 

Rilis Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebut angin puting beliung dengan kekuatan yang cukup kencang menerjang Kecamatan Jatinangor dan Rancaekek hingga menerbangkan atap-atap rumah warga. 

Tidak hanya itu, kekuatan angin yang ganas juga sempat merobohkan pagar milik PT. Kahatex dan meninggalkan puing-puing yang sudah hancur. 

Menurut BMKG, penyebab dari bencana alam ini terleltak pada kondisi cuaca yang ekstrem. Analisis cuaca menunjukkan bahwa suhu permukaan laut di sekitar wilayah Indonesia cenderung hangat dan memberikan suplai uap air yang cukup ke wilayah Jawa Barat. 

Kondisi ini didukung juga oleh kelembapan udara yang tinggi, mencapai 45-95 persen di lapisan udara tertentu. Lebih lanjut, sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Pulau Sumatera turut berperan dalam membentuk area konvergensi dan shearline di sekitar Jawa Barat. 

Area konvergensi ini menjadi tempat di mana angin bertemu dan melambat, sementara shearline menyebabkan belokan angin. Kedua fenomena ini memicu pertumbuhan awan di sekitarnya, mempersiapkan area bagi badai yang hendak datang.

Post a Comment

0 Comments