Sindangwangi, Merupakan 1 Kecamatan dengan 10 Tempat Wisata Menarik di Majalengka


infomjlk.id -- Tahukah baraya, Kecamatan Sindangwangi kini dikenal dengan sebutan 'Kawitwangi' (Kawasan Wisata Sindangwangi). Kecamatan yang satu ini rasa-rasanya memang layak dijadikan sebagai pusat kawasan wisata di Kabupaten Majalengka. 


Pasalnya, Kecamatan Sindangwangi ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat menarik. Bahkan beberapa di antaranya masuk dalam kategori wisata nasional dan internasional serta telah dikunjungi oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Uno. 


Berikut merupakan 10 lokasi wisata di Kecamatan Sindangwangi yang wajib banget dikunjungi baraya saat masa liburan tiba: 


1. Curug Cipeteuy

Curug Cipeuteuy merupakan salah satu destinasi wisata air terjun alami yang berada di tengah hutan pinus Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), di Desa Bantaragung. 


Lokasi wisata itu sangat unik dan menarik. Selain memiliki air terjun yang jernih dan sejuk, hamparan pohon pinus dan taman yang ada disekitar lokasi menjadi daya tarik tersendiri. 


Lebih uniknya lagi, di lokasi tersebut kita juga bisa mengamati pergerakan elang jawa yang langka, mengingat disekitar lokasi tersebut merupakan salah satu habitat elang jawa. 


Maka tak heran, jika Kementrian Pariwisata Indonesia beberapa tahun lalu menobatkan lokasi tersebut sebagai surga yang tersembunyi, dan menjadikan lokasi wisata Curug Cipeutey sebagai juara tingkat nasional. 


2. Awi Lega

Masih di Desa Bantaragung, kita juga bisa berkunjung ke kawasan Awi Lega yang merupakan lokasi wisata adventure. 


Awi Lega memiliki pemandangan yang indah dan kerap dijadikan lokasi camp favorit atau kegiatan outbond. 


Untuk lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kantor Desa Bantaragung dan hanya berjarak sekitar 100 sampai 200 meter saja. 


3. Batu Asahan

Untuk lokasi wisata lainya, bagi para pengunjung yang senang dengan sejarah ataupun tentang peradaban zaman dulu, lokasi bukit Batu Asahan yang juga di Desa Banataragung ini menjadi pilihan yang tepat. 


Sebab kita akan disuguhkan sejumlah batuan purba yang  menjadi salah satu saksi peradaban manusia, maupun sejumlah batuan yang diduga erat kaitanya dengan sejarah Prabu Siliwangi dan lainnya. 


Lokasi tersebut juga sangat cocok untuk dijadikan temat kemping, atau untuk sekedar hiking dan wisata alam. 


Pasalnya dari tempat itu kita bisa dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah, terutama saat matahari terbit maupun saat matahari akan tenggelam. 


4. Ciboer Pass

Nah lokasi wisata yang satu ini, tentunya sangat tidak asing dan sangat terkenal, karena sempat viral beberapa tahun lalu. 


Bahkan lokasi tersebut sangat digemari sejumlah artis Indonesia, sebut saja Ruben Onsu dan lainya yang pernah berkunjung dan bermalam di tempat itu. Lokasi itu adalah Ciboer Pass. 


Lokasi yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Desa Bantaragung, dan berada di area pesawahan tersebut memang memiliki pemandangan seperti di Ubud Bali. 


Sehingga tak heran jika Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil juga sangat sering berkunjung ke lokasi tersebut. 


Fasilitas yang ada dilokasi tersebut diantaranya sejumlah vila atau home stay, spot foto selfie, mini kolam renang serta lokasi lesehan dan lainya. 


Bahkan jauh di bawah lokasi Ciboer Pass tepatnya di bibir sungai juga terdapat sejumlah pasilitas wisata, seperti gazebo dan lainya yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Termasuk diantaranya track sepeda atau untuk jalan kaki.   


5. Situ Cikuda

Lokasi wista lainya berada di Desa Padaherang, yakni Situ Cikuda yang memiliki keindahan cukup memukau dengan panorama hutan dan pohon tua berusia ratusan tahun, serta hamparan telaga berwarna hijau yang sangat menyejukan. 


Lokasi wisata yang satu ini cenderung digunakan oleh para pengunjung yang memiliki hobi memancing. 


Pasalnya di lokasi tersebut para pengujung diperbolehkan menangkap ikan dari danau tersebut asalkan dengan alat pancing. 


Sehingga hal itulah yang membuat lokasi Situ Cikuda banyak dikunjungi wisatawan terutama saat musim liburan. 


6. Talaga Herang

Objek wisata ini terletak di tiga desa, yakni Lengkong Kulon, Padaherang dan Kerukleueut Kecamatan Sindangwangi yang didirikan pada tahun 1999. 


Objek wisata ini berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Majalengka, dimana objek ini dikelola oleh desa atau kompepar yang memiliki luas lebih dari 3 hektare dengan jumlah karyawan sebanyak 10 orang. 


Objek ini masih bersifat alami dengan mononjolkan daya tarik air talaga yang sangat bening dan adanya mata air yang keluar dari perut bumi di tengah talaga sehingga pengunjung dapat melihat sampai ke dasar talaga. 


Selain itu objek wisata ini menawarkan koleksi berbagai jenis ikan yang terdapat di talaga, pengunjung dapat menikmati keindahan talaga dengan menggunakan becak air atau perahu kecil. 


Lokasi wisata yang satu ini di era tahun 90'an menjadi lokasi wisata paling ramai dan menjadi tempat tujuan wisatawan dari luar daerah. 


Namun seiring semakin banyaknya lokasi wisata moderen dan dibukanya lokasi wisata alam dibeberapa daerah, ketenaran wisata talaga herang sendiri menjadi redup hingga saat ini. 


7. Talaga Pancar

Di Desa Lengkong Kulon, selain menikmati Talag Herang, pengunjung juga bisa menikmati lokasi wisata Talaga Pancar. 


Yang merupakan kawasan hutan pinus, lokasi tersebut sangat cocok untuk kegiatan perkemahan maupun camp. Hanya saja saat ini penataanya kurang baik sehingga tertingal dengan obyek wisata lainya. 


8. Curug Leles

Tidak ada bedanya dengan Curug Cipeutey, Curug Leles yang berada di Desa Padaherang juga memiliki sejumlah kesamaan. 


Diantaranya lokasinya berada tepat di tengah hutan pinus, di kawasan TNGC. Lokasi wisata yang satu ini untuknya hanya berjarak sekitar 100 hingga 200 meter dari Situ Cikuda, Talaga Herang dan Talaga Pancar. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan dalam daftar pilihan berwisata di Sindangwangi. 


9. Vila BCA

Tempat yang satu ini, berada di Desa Padaherang, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah viral di Kabupaten Majalengka khusunya di Kecamatan Sindangwangi. 


Pasalnya selain lokasinya berada persis di tengah hutan dan samping sungai alami. Karenanya, Vila BCA menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menatik, terutama bagi yang hobi berpetualang. 


Selain memiliki keindahan alam, lokasi tersebut juga sangat cocok dan sering digunakan untuk kegiatan outbond maupun kemping. 


10. Kolam Renang Tirta Indah

Lokasi wiata terakhir yang ada di Kecamatan Sindangwangi adalah Kolam Renang Tirta Indah yang berada di Desa Jerukleuet. 


Lokasi wisata KRTI sendiri merupakan salah satu lokasi wisata yang paling banyak dan paling sering dikunjuni wisatawan. 


Selain lokasinya berada di ruas jalan utama Majalengka Cirebon, kualitas air yang bersumber dari Talaga Herang menjadi daya taruk tersendiri bagi para pengunjung. Tentunya ditunjang dengan harga tikat yang cukup terjangkau. 


Demikian 10 lokasi wisata di Kecamatan Sindangwangi yang wajib banget dikunjungi baraya saat masa liburan tiba.

Post a Comment

0 Comments