Mengapa Hari Senin Banyak Dibenci? Berikut Alasan dan Tips Menghadapinya

 


Alasan Mengapa Hari Senin Banyak Dibenci: 


1. Perubahan Pola Tidur

Aktivitas tidur merupakan salah satu mekanisme sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tidur adalah waktu di mana tubuh beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Oleh sebab itu, banyak orang memilih untuk tidur seharian di akhir pekan sebagai pengganti jam tidur yang kurang terpenuhi. 


Mendapatkan waktu tidur lebih pada akhir pekan merupakan hal baik. Namun, mengubah pola tidur setiap lima hingga enam hari dapat mengubah jam tubuh seseorang. Sebuah penelitian menemukan bahwa tambahan waktu tidur hanya membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. 


Hal ini dikarenakan siklus sirkadian yang menentukan pola kewaspadaan dan kelelahan telah terganggu, sehingga menciptakan efek seperti jet lag. Saat lelah, seseorang akan lebih mudah marah, tidak sabaran, dan lebih moody dari biasanya. 


2. Transisi Emosional

Setelah menghabiskan waktu untuk bersantai di akhir pekan kita kembali pada tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Meskipun beberapa dari kita tetap memiliki kegiatan di akhir pekan, tapi kebanyakan digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan. 


Peralihan emosi dari sesuatu yang menyenangkan kepada hal yang dianggap tidak menyenangkan dan melaksanakan kewajiban dapat membuat hari Senin terasa begitu berat. 


3. Tidak Menyukai Pekerjaan yang Dijalani

Salah satu alasan utama beberapa orang tidak menyukai hari Senin adalah karena mereka tidak menyukai pekerjaannya. Bahkan menurut survey yang dilakukan JobStreet sebanyak 73 persen karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka. 


Rasa tidak suka dan ketidakpuasan pada pekerjaan dapat menuntun kita pada apa yang disebut dengan Monday Blues. Monday Blues adalah perasaan negatif yang didapatkan di awal hari kerja jika kita tidak senang pada pekerjaan tersebut. 


Perasaan tersebut meliputi depresi, kelelahan, dan putus asa, serta rasa keterpaksaan dalam melakukan pekerjaan. Memiliki perasaan tersebut pada pekerjaan kita menyebabkan tidak produktif atau menurunnya kualitas pekerjaan kita pada hari Senin. 


4. Kecemasan Sosial (Social Anxiety)

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di sekitarnya. Maka daripada itu, kita perlu merasa nyaman dalam lingkungan pekerjaan yang hampir setiap hari kita jalani. 


Maka, rasa tidak suka pada hari Senin juga berkaitan langsung dengan rasa cemas terhadap lingkungan tempat kerja. Kebencian pada hari Senin dapat berkaitan dengan antisipasi masalah sosial yang merupakan salah satu bentuk kecemasan sosial tingkat rendah. 


5. Berburuk Sangka dengan Diri Sendiri

Pikiran atau perasaan bahwa kita merasa buruk dan tidak baik-baik saja khususnya di hari Senin, dapat membuat kita tidak menyukai hari Senin. Kita mungkin cenderung akan menghindar dan berusaha sebaik mungkin untuk lebih baik menjalani hari Senin. Bahkan mungkin pada kasus tertentu kita lebih memilih pasrah dan menerima bahwa hari Senin adalah hari yang begitu buruk. 


Tips Menghadapi Hari Senin: 


1. Memanjakan Diri

Akhir pekan adalah waktu di mana kita terbebas dari segala bentuk tugas dan rutinitas di tempat kerja. Jadi, sebaiknya kita benar-benar memanfaatkan akhir pekan untuk memanjakan diri, seperti melakukan relaksasi dan melakukan hal-hal yang disukai. 


2. Persiapan di Hari Minggu

Melakukan persiapan untuk menyambut hari Senin mungkin akan terasa sedikit berat karena kita harus membagi sebagian waktu di hari Minggu. Untuk membuatnya terasa lebih ringan, anggap saja hal tersebut sebagai pemanasan. 


Persiapan yang dilakukan sebenarnya tidak sulit. Di hari minggu, kita bisa persiapkan pakaian yang akan dipakai di hari Senin. Kemudian, siapkan tas dan barang-barang yang akan dibawa ke tempat kerja besok. Dengan begitu, kita tidak perlu repot lagi untuk menyiapkan hal-hal tersebut pada pagi harinya sebelum berangkat. 


3. Tidur Lebih Awal di Hari Minggu

Akhir pekan memang membuat kebanyakan orang ingin sekali menghabiskan waktu untuk bersenang-senang, seperti berbelanja, berwisata, dan lain-lain. Akan tetapi, baiknya kita tetap sisihkan waktu untuk beristirahat dengan baik. 


Sebab, bekerja dan bersenang-senang sama-sama menuntut tubuh kita untuk bergerak. Sehingga, tubuh belum merasakan istirahat untuk memulihkan tenaga yang terkuras selama bekerja. 


Agar Senin kita tidak melelahkan, batasi aktivitas di akhir pekan hanya hingga Minggu sore saja dan cobalah untuk tidur lebih awal. Dengan demikian, kita bisa bangun lebih awal di keesokan harinya dan bisa mempersiapkan diri menghadapi hari Senin. 


4. Bangun Lebih Awal dan Olahraga Ringan

Karena kita sudah tidur lebih awal di hari Minggu, maka kita bisa lebih mudah untuk bangun lebih awal di hari Senin. 


Dengan bangun lebih awal, kita bisa melakukan olahraga ringan. Misalnya, sekadar stretching atau jogging di halaman rumah. Olahraga ini akan membuat badan lebih bugar sehingga kita siap untuk beraktivitas seharian penuh. 


5. Mendengarkan Musik yang Membuat Semangat

Di sela waktu dari bangun tidur dan bersiap-siap, tidak ada salahnya untuk kita membakar semangat dengan lagu-lagu penyemangat yang kita sukai. 


Mendengarkan musik bisa menstimulasi perasaan. Biasanya, orang bisa saja merasa sedih saat mendengar lagu sedih. Oleh sebab itu, dengarkan lagu yang penuh semangat agar lebih termotivasi untuk beraktivitas di hari Senin.

Post a Comment

0 Comments