Lebih Mengenal Gelok Mulya, Desa Pandai Besi di Majalengka

pict: https://sindonews.com


infomjlk.id.-- Tahukah baraya, selain wisata, Kabupaten Majalengka juga memiliki sejarah panjang dalam hal pembuatan perkakas rumah tangga seperti golok, arit, dan cangkul. 

Salah satu desa di Kabupaten Majalengka yang memiliki kaitan sejarah dengan perkakas itu adalah Desa Gelok Mulya, yang berada di wilayah Kecamatan Sumberjaya. Di desa ini, banyak pandai besi yang piawai menciptakan perkakas berkualitas berbahan dasar besi. 

Keberadaan pandai besi di Desa Gelok Mulya diketahui sudah cukup lama. Keahlian turun-temurun menjadi salah satu cara dalam mempertahankan aktivitas tersebut hingga saat ini. 

Tahun 1980'an merupakan era keemasan pengrajin atau pandai besi di Desa Gelok Mulya. Dalam pemasaran, selain melayani pembelian dalam partai besar, tetapi juga menjual satuan. 

Menurut salah satu aparat Desa Gelok Mulya, Atam, melalui sindonews.com menuturkan bahwa aktivitas pandai besi ini sudah ada sejak zaman kakek buyut, sekitar tahun 80'an, ratusan warga Gelok Mulya beraktivitas di bidang ini setiap harinya. 

Dalam hal pembuatan, ada perbedaan bahan untuk beberapa produk. Misalnya, golok dibuat dengan per besi, dan arit dibuat dengan plat besi. 

Pembuatan golok menggunakan bahan dasar per besi biasa disebut dengan baja tulen, adapun pembuatan arit menggunakan bahan dasar plat besi dengan campuran baja di tengahnya biasa disebut baja selap. 

Dalam pembuatannya, untuk 20 bilah golok ukuran standar, dibutuhkan sekitar 15 kg besi. Untuk membuatnya membutuhkan waktu sekitar satu hari. 

Namun sayang. Dalam perjalanannya, aktivitas pandai besi di Desa Gelok Mulya kini mulai surut. Kalah dalam bersaing dengan produk dari daerah lain, menjadi faktor utama perkakas buatan para pandai besi di desa ini mulai tersisih. 

Untuk saat ini, kurang lebih sekitar 20 tempat pandai besi yang masih berjalan. Tidak adanya jaminan ekonomi, membuat sebagian besar mereka mulai beralih ke bidang pekerjaan lain. 

Padahal secara kualitas, sebenarnya produk perkakas yang dihasilkan para pandai besi Desa Gelok Mulya bisa bersaing dengan produk luar lainnya. 

Apalagi, beberapa di antaranya sempat mengikuti pelatihan dalam meningkatkan kualitas perkakas yang dihasilkan. 

Kendati secara kuantitas mulai menurun, akan tetapi jika ada permintaan dalam jumlah besar, masyarakat Desa Gelok Mulya siap untuk memenuhi permintaan tersebut.

Post a Comment

0 Comments