infomjlk.id.-- Halo warga sunda terkhusus baraya Majalengka. Sebagai orang sunda asli nya kita teh kan pasti belajar yah bahasa sunda. Terus juga bahasa sunda pisan lah pokokna mah bahasa lemes kata kita mah sama bahasa informal aja lah mimin sebutnya. Bahasa sunda dipelajari dari kapan sih barudak? SD, SMP, SMA? atau semua masa itu? Sok sesah teu belajar bahasa sunda teh. Harusnya mah ngga yah da kan udah orang sunda masa masih keneh teu bisa pake na. Ngan aya hiji tah. Katanya mah kalau dulu teh belajar bahasa sunda pas disekolah ada pembelajaran tulisan hanacaraka. Sok naon cing eta? Ya itu, tulisan aksara sunda gitu kan pasti belajar lah baraya Majalengka mah. Tapi ngomong-ngomong pas belajar itu kira-kira susah ngga? Secara kan itu tulisannya formal pisan yah. Tulisan aksara sunda baheula kata kita mah. Tapi pastinya seru dong jadi tau tulisan sunda yang formal banget dan pembelajaran bahasa halus baheula.


Sok atuh barudak share lah gimana dulu pas pelajaran bahasa sunda di sekolah. Nilainya pada bagus ngga. Terus teh bisa ngga baca hanacaraka, piraku ah teu bisa. Nah yang paling inti, guruna enak teu hahahaa. Enak segalanya, di nilai, nggak galak/killer, enak di cara ngajar, sampai materinya, gampang ngga, asik ngga? Yang lupa mah coba atuh diinget lagi. Biar bisa sharing aja di komen kita flashback bernostalgia lagi lah. Tapi katanya tulisan hanacaraka ini ngga jauh beda dengan tulisan honocoroko atau bahasa jawa. Nah, bener ngga nih. Soalnya ada info juga katanya bahasa sunda sama bahasa jawa teh gajauh beda. Hampir mirip aja lah. Paling beda arti atau pengucapannya dikit. Kalau aksaranya itu mirip. Kalau jawa mah mimin gak begitu tau juga ya, tapi kali aja baraya infomjlk mah tau bedanya dan persamaannya. Pokoknya semua yang kalian tau langsung komen di bawah aja biar jadi tambahan wawasan buat kita semua soal perbedaan hanacaraka dan honocoroko ini. Koreksi juga misal info mimin kurang tepat.


Dulu waktu masih sekolah pembelajaran bahasa sunda yang didapet itu kebanyakannya memang bukan tulisan aksara sunda gitu, lebih ke tulisan biasa aja. Cuma memang tulisannya teh beda sama indonesia terus penyebutannya juga beda, contoh _"bade kadieu heula."_ Nah itu _kadieu_ ada eu diujungnya terus bacanya juga pake eu gitu terus nyebut u nya samar kaya kombinasi antara e sama u gitu teh bacanya. Pokoknya mah gitu aja lah yah da susah jelasinnya teh ahahaa. Gajauh beda juga sama kaya _heula_, ada eu nya. Asik kata mimin mah belajar bahasa sunda. Pokoknya belajar bahasa tuh seru jadi banyak bahasa yang dikuasai, mau itu bahasa daerah atau bahasa internasional. Asal jangan bahasa kalbu, susah dipahami haha. Jadi yuk coba belajar bahasa lagi sama-sama. Dari iseng-iseng dulu aja juga bisa banget, terus ikutin dan inget terus aja. Nanti lama-lama juga bakal nyoba belajar lebih dalem.

Post a Comment

0 Comments