Apakah Kalian Tau, Inilah Beberapa Kosakata Sunda Yang Sama Dengan Bahasa Lain Namun Memiliki Arti Berbeda

 


Halo sobat infomjlk yang sedang senang atau sebaliknya lagi pusing rarungsing teuing mikiran naon haha. Mimin mau share nih bahasa luar daerah yang ternyata sama seperti bahasa sunda hanya saja artinya beda. Biasanya sunda teh sama seperti apa sih? Iya betul banget, seperti jawa ya. Bahasa sunda dan jawa itu emang mirip tapi ada yang beda arti atau beda pengucapan. Selain jawa ada lagi nggak yang lain? Oh ada loh baraya. Ternyata ada kosakata sunda yang dipakai di daerah ini tapi ternyata beda arti. Tah daerah mana sih eta? Itu daerah Kalimantan Selatan, bahasa Banjar. Mimin nemu nih ada beberapa kata Sunda yang juga sama dengan bahasa Banjar tapi beda arti. Cuma sebelum itu kita pelajari sunda jawa dulu yuk, sudah itu kita liat deh apa aja sunda banjar yang sama tapi beda.


1. Gedang

Gedang kalau dalam bahasa sunda artinya pepaya tapi bahasa jawa nyebutnya pisang. Kalau bahasa sunda nya pisang yaitu cau. Kaya kita ada amis cau haha. Bukan ya, itu mah beda lagi.

2. Dahar

Nah dahar ini artinya makan tapi beda makna. Kalau dahar di bahasa jawa termasuk lemes/halus, sedangkan sunda jangan berani-beraninya nawarin ini ke orang yang lebih tua. Artinya memang makan, tapi bahasanya termasuk bahasa yang kasar.

3. Cokot

Kalau cokot dalam bahasa sunda artinya ambil, tapi dalam bahasa jawa artinya gigit.

4. Amis

Orang sunda nyebut amis untuk makanan yang manis. Sedangkan orang jawa nyebut amis itu untuk makanan atau apapun yang bau anyir.


Oke, itu dulu aja ya. Sebenernya ada banya sekali kosakata sunda dan jawa yang mirip, tapi udahlah kalian aja yang nulis di komen biar saling belajar haha. Kita lanjut ke bahasa banjar yuk, yang sama tapi ternyata beda arti. Check it out!


1. Ngalih

Ngalih kalau di bahasa sunda artinya pindah, tapi kalau bahasa banjar arti ngalih yang sebenarnya adalah susah

2. Garing

Nah kalau satu ini kan buat baju atau ikan yang dijemur terus garing deh atau artinya kering dalam bahasa sunda. Tapi bahasa banjar pake kata garing ini buat nyebutin diri yang lagi sakit. Garing artinya sakit kalau di bahasa banjar.

3. Bujur

Jangan kaget ya sama kata satu ini. Orang sunda mah nyebut bujur ini kan artinya pantat yah, tapi kalau di kalimantan kata bujur ini artinya benar.

4. Burit

Nah kalau ini sebaliknya hahaa. Burit itu kan artinya petang yah atau kaya menjelang sore/maghrib gitu lah. Tapi kalau di kalimantan burit artinya pantat.


4 itu dulu yaa pembelajaran kita mengenai bahasa lokal yeay ahahaha. Baraya kalau punya informasi lain seputaran bahasa ini boleh banget di share. Tulis di kolom komentar aja kira-kira apa lagi nih bahasa daerah lain yang sama dengan bahasa sunda atau mungkin sama tapi beda arti. Semangat mengexplore, wankawan.

Post a Comment

0 Comments