Siap-siap! Transaksi Tapping E-Toll Akan Diganti Secara Bertahap di Semua Gerbang Tol Mulai 2024



 

iINFOMJLK.ID.--Disampaikan oleh Kementerian PUPR, bahwa seluruh gerbang tol (GT) tidak akan lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran menggunakan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai tahun 2024. Sebagai gantinya, proses pembayaran akses jalan tol akan menggunakan sistem transaksi non-tunai nirsentuh _Multi Lane Free Flow_ (MLFF). 


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melalui prfmnews.id memastikan penerapan sistem pembayaran MLFF yang membuat mobil tidak perlu berhenti di pintu tol untuk tapping kartu e-toll ini akan diterapkan secara bertahap mulai tahun depan. Terkait kesiapan teknologi untuk mendukung sistem ini, Basuki menegaskan itu semua sudah dipersiapkan dengan baik. 


Adapun simulasi uji coba penerapan MLFF ini sudah dimulai di Jalan Tol Bali-Mandara. Uji coba transaksi MLFF ini adalah bagian dari proses transisi seperti halnya dulu saat peralihan transaksi cash menjadi non cash dengan tapping kartu e-toll yang tentunya membutuhkan waktu untuk membiasakan hal tersebut. 


Pada awal penerapan MLFF ini sudah sepatutnya dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa harus menghentikan kendaraan. 


Selain itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono juga menambahkan, terkait uji coba transisi tapping e-toll ke MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 GT Ngurah Rai, dan baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur GT pada Maret 2024.

Post a Comment

0 Comments