Inilah Perbedaan Antara Bekerja untuk Perusahaan Eropa dan Asia



INFOMJLK.ID.--Semua pekerja pasti merasakan plus minusnya bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, atau menjadi pengusaha. Semua yang sudah bekerja masih merasakan itu semua. Karena bekerja ini tidak selalu enak dan tidak selalu juga tidak nyaman. Setiap perusahaan juga memiliki kebijakannya masing-masing. Semua ada sisi nyaman dan tidak nyaman, ibarat negatif atau positif tidak dapat disamaratakan. Akam tetapi apa perbedaan antara bekerja dengan perusahaan asia dan perusahaan eropa? Tidak banyak namun ada, lets check it out!


1. Perbedaan Work Balance

Work balance menurut saya pribadi itu penting, bahkan sangat penting. Karena work balance ini membuat kita bisa membagi waktu antara pekerjaan dan waktu pribadi. Work balance ketika bekerja dengan perusahaan eropa sangat terasa. Yaitu dimana tidak ada tekanan dari perusahaan yang harus bekerja diluar jam kerja asalkan pekerjaan bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal dan no errors. Pekerjaan tidak dibawa kerumah, jika deadline lebih satu atau dua hari masih tidak masalah. Weekend dan public holiday juga tidak bisa diganggu sama sekali karena itu adalah waktu untuk kita pribadi. Namun sebaliknya, perusahaan asia sebagian besar memiliki prinsip untuk bekerja dengan sempurna. Yaitu mengharuskan semua pekerjaan selesai tepat waktu, dengan kualitas yang sempurna tanpa memikirkan waktu untuk beristirahat. Sehingga banyak pegawai yang lembur, di hari libur tetap harus masuk, dan juga upah yang bisa dikatakan ada yang belum sesuai.


2. Perbedaan Jabatan

Di perusahaan eropa mereka tidak "gila" akan jabatan. Justru banyak perusahaan yang semua pegawainya saling menghargai layaknya partner kerja walaupun jabatannya lebih tinggi. Karena mereka saling membutuhkan dan saling membantu. Lalu debat dengan atasan juga sudah menjadi hal yang lumrah. Sedangkan di perusahaan asia biasanya harus menghormati atasan dan sebisa mungkin tidak ada perdebatan antara kedua belah pihak. Karena hal itu akan berdampak buruk bagi salah satu pihak.


3. Datang dan Pulang Tepat Waktu

Datang tepat waktu dan pulang tepat waktu sering terjadi di perusahaan eropa dan menjadi motto mereka. Mereka merupakan orang-orang yang disiplin. Jika pekerjaan sudah selesai bisa langsung pulang, namun jika belum tetapi masih ada waktu esok untuk dilanjutkan, mereka lebih mengutamakan untuk pulang dan lanjut di hari berikutnya. Berbeda dengan perusahaan asia yang mana datang harus tepat waktu dan pulang ketika kerjaan selesai sehingga banyak yang harus bekerja di luar jam kerja.


Itulah 3 perbedaan yang dirasa berbeda antara bekerja dengan perusahaan eropa dan asia. Disclaimer, tulisan ini bukan untuk menjatuhkan satu pihak namun berdasarkan fakta dari pengalam beberapa orang yang pernah bekerja di perusahaan asing. Ditekankan juga disini bahwa tidak semua perusahaan saklek sama seperti tulisan diatas, semua tegantung perusahaan dan kebijakannya masing-masing apapun itu perusahaannya.

Post a Comment

0 Comments