Yuk Nostalgia Momen Manasik Haji TK, Ada yang Masih Ingat ?

 




Infomjlk.id -- Labbaikallahumma labbaik.. Labbaika la syarika laka labbaik.. Mengingat momen haji yang menjadi impian seluruh umat muslim tidak akan pernah dari momen dimana diadakan manasik haji sebelum berangkat ke tanag suci. Tidak ada umat muslim yang pastinya tidak ingin pergi ke tanah suci itu. 

Mereka yang masih muda hingga sudah orang-orang yang sudah lanjut usia ketika belum kesampaian pergi ke Mekkah tidak berhenti untuk berusaha pergi ke tanah suci itu dengan menyisihkan uang yang mereka miliki atau mereka dapat. 

Bahkan beberapa tahun ke belakang banyak sekolah yang mulai mengajarkan siswanya untuk melakukan praktek manasik haji. Kebanyakannya dilakukan oleh para guru SD atau TK. Mari kita lihat contoh yang ada di Majalengka.

Mulai dari tahun 2017 berdasarkan website dari jabar.kemenag.go.id sudah diadakannya pergaan dan bimbingan manasik haji untuk anak-anak usia dini guna memberikan pengetahuan dan pembelajaran terkait rangkaian ibadah haji oleh PD IGRA Kemenag Kabupaten Majalengka. Selain itu, baru-baru ini pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2023 diadakan kembali peragaan manasik haji untuk anak-anak usia dini seperti anak TK atau PAUD di Majalengka. 

Tujuannya juga sama agar memberikan pelajaran dan pengetahuan mengenai latihan dasar manasik haji sekaligus memberikan motivasi kepada anak-anak usia dini terkait dengan ibadah rukun islam kelima. Dilihat dari beberapa artikel, salah satunya dari timesindonesia.co.id mengatakan bahwa ada ribuan anak TK dari 26 Kecamatan se Kabupaten Majalengka yang mengikuti kegiatan manasik haji di lapangan GGM Majalengka. Kegiatan itu diapresiasi oleh pak bupati, Bapak H. Karna Sobahi yang juga turut hadir di kegiatan pengelanan manasik haji tersebut.

Kegiatan manasik haji ini tentu menjadi dasar untuk mendorong anak-anak bercita-cita dalam menjalankan ibadah haji di kemudian hari. Selain itu dengan diadakannya kegiatan manasik haji ini untuk dapat menanamkan kecintaan dan nilai-nilai agama sejak dini bagi anak-anak muslim. Dan juga untuk membentuk karakter moral para siswa. Kegiatan manasik haji ini diselenggarakan oleh IGTKI Majalengka dan harapannya dapat terus berlanjut untuk dilakukan. 

Kepala Dinas Pendidikan Majalengka, Hj. Lilis Yuliasih juga mengatakan bahwa kegiatan manasik haji ini menjadi tugas tanggung jawab dan kewajiban sesuai dengan pedoman akademik kalender IGTKI se-Kabupaten Majalengka. Maka dari itu kegiatan ini akan terus dijalankan dengan waktu yang telah ditentukan. Semoga dengan kegiatan tersebut para siswa bisa mendapat pengalaman dan pemahaman ilmu dasar manasik haji dan dapat mempererat kasih sayang antar peserta didik dengan orang tua serta sesama peserta didik.

Post a Comment

0 Comments