Panasnya Cuaca Saat Ini Rentan dengan Si Jago Merah. Untuk Menghindari Terjadinya Hal Itu, Coba Lakukan 3 Hal Ini Yuk!




infomjlk.id--Sudah banyak kejadian adanya si jago merah yang membuat rusuh sekitar. Di beberapa daerah Indonesia termasuk Majalengka juga sudah banyak terjadi kebakaran karena panasnya cuaca yang sedang dilanda musim panas musim kemarau saat ini. Tidak hanya rumah tetapi juga banyak lahan yang menjadi korban luapan si jago merah. Ibarat pepatah "tak ada asap jika tak ada api." Jadi maksudnya si jago merah ini tidak akan ada jika tidak ada pemantiknya terlebih dahulu. Kadang kita tidak sadar, puntung rokok yang dibuang sembarangan bisa memancing terjadinya kebakaran. Tak hanya itu saja, kebiasaan kita dirumah juga tetap harus dijaga agar tidak menimbulkan sesuatu yang buruk. Nah untuk menghindari adanya kobaran api dikala cuaca yang tidak baik saat ini ada kalanya kita ikuti 3 hal di bawah ini aja yuk!


1. Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Selain asapnya yang mencemari polusi udara, abu rokoknya juga bisa membahayakan orang sekitar. Percikan api ketika membuang abu rokok itu bisa mencelakai orang sekitar. Dan yang lebih parah dengan kondisi cuaca saat ini jika puntung rokok dibuang sembarang atau sampai dibuang ke sekitar semak-semak dan sebagainya bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Itu karena kondisi semak, lahan, pohon, yang sangat kering maka bahaya kebakaran pun rentan terjadi. Jadi untuk saat ini alangkah baiknya jika membiasakan diri untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan pastikan sudah tidak ada asap atau apinya lagi.


2. Pastikan Listrik dan Kompor Aman

Ketika sedang dirumah pastikan untuk menggunakan listrik dan menyalakan kompor hanya pada saat itu semua dipakai. Contoh, kompor dinyalakan saat memasak dan pastikan sudah mati setelah masak selesai. Jangan sampai ketika keluar rumah, kompor masih menyala dan ditinggal begitu saja. Itu dapat membuat terjadinya kebakaran. Contoh lainnya yaitu mengenai penggunaan alat elektronik. Saat barang tersebut tidak terpakai cabut semua colokannya dan cek listrik dirumah untuk memastikan tidak ada yang konslet.


3. Jangan Membakar Sampah Di dekat Lahan atau Semak-Semak

Di saat cuaca panas, usahakan untuk tidak membakar sampah sembarangan. Jangan membakar didekat semak-semak, lahan, atau pohon. Karena saat ini pepohonan hingga rumput ilang sangat kering di musim kemarau sehingga mudah terbakar jika terkena api.


Itulah 3 hal yang dapat dicoba untuk meminimalisir terjadinya kobaran si jago merah. Bisa coba untuk dilakukan ya. Misal masih ada tips lainnya boleh banget di share agar kita semua aware akan semua hal yang kemungkinan terjadi hingga akhirnya merugikan banyak pihak. Jangan sampai hal itu terjadi pada kita semua.

Post a Comment

0 Comments