Majalengka Dengan Perpaduan Dialek Bahasa Sunda Jawa

 

Source foto : unsplash by geralt 


Infomjlk.id -- Bahasa sunda mah yah ada macem-macem. Mulai dari logat atau dialek sampai koskatanya pun juga beda-beda. Tapi pada dasar bahasa sunda itu semua sama, yang membedakan hanya beberapa kosakata dan logatnya saja. 

Salah satu sunda yang dianggap sebagai bahasa unik berasal dari sunda Majalengka. Majalengka ini bahasanya dianggap unik karena adanya perpaduan dialek antara Sunda dan Jawa. Majalengka ini seperti perbatasan antara Cirebon dan Kuningan. Sehingga sundanya pun masih ada, namun sedikit tercampur Jawa. 

Jika masuk ke Kuningan tentu Sunda Kuningan, tapi jika sudah masuk ke Cirebon bahasa Sunda yang dipakai bukan Sunda lagi, melainkan lebih ke Jawa. Tetapi cirebon pun juga punya bahasanya sendiri. Disebut Jawa bukan, disebut Sunda juga bukan. Oke kita balik ke sunda Majalengka ini saja ya.

Jadi bahasa Sunda ini seperti memiliki dialek/logat yang berbeda dengan Sunda lainnya karena dekat dengan Cirebon serta Indramayu. Indramayu menjadi pembatas antara Cirebon dan Majalengka sehingga bahasa Indramayu pun sedikit tidak terdengar seperti bahasa Sunda. 

Mohon bantu koreksi jika mimin salah ya teman-teman. Jadi sepengetahuan dan kabar yang didapat, ada banyak kosakata yang digunakan di Majalengka tapi tidak dipakai di Sumedang, Bandung, dan sekitarnya.

Lalu logat/dialek Majalengka juga sudah lebih mengarah ke Cirebon. Sunda Majalengka disebut sebagai Sunda Jawareh, karena adanya bahasa yang sedikit tercampur kata Jawa. Bahasa Sunda Majalengka ini dianggap kasar dan kurang sopan. Sunda Jawareh ini juga dianggap sebagai bahasa Sunda Tengah Timur.

Beberapa kata Sunda Majalengka yang sedikit berbeda dengan Sunda lainnya yaitu, emuh, auh, dewek, sibengeut, teu kiyeng, nyewot, dan masih banyak kosakata lainnya. Majalengka ini memang bahasanya sangat unik. 

Walau ada beberapa orang yang tidak terbiasa dengan bahasa itu, tapi tiap daerah memang memiliki logat dan bahasanya masing-masing. Meskipun masih termasuk dalam provinsi Jawa Barat, tidak semua daerah bahasanya serupa. Bahkan provinsi di luar Jawa Barat pun juga sama, ada banyak aneka ragam bahasa dan logat yang berbeda-beda. Itulah indahnya negara Indonesia, berbeda bahasa tapi tetap satu.

Post a Comment

0 Comments