Kenapa Orang Majalengka Suka Banget Sate Maranggi?


infomjlk.id - Sate ayam makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal dan dijual di semua tempat yang ada di Indonesia tentu tak asing lagi bagi lidah masyarakat Indonesia. Sate Madura ayam dan kambing atau sate ayam biasa umumnya dibalut dengan kecap dan bumbu kacang lalu dipadukan dengan nasi atau lontong. Sate ini juga terkenal banyak disukai turis atau orang luar negeri/mancanegara. Namun terdapat satu macam sate khas yang berbeda, yaitu Sate Maranggi. Sate ini menjual khusus hanya menggunakan daging sapi dengan bumbu kecap yang khas.

Sate Maranggi merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Purwakarta Jawa Barat. Maranggi merupakan kata istilah dari "Pertukangan" yaitu seorang ahli pembuat sarung keris. Sate Maranggi berbeda dengan sate lain pada umumnya karena yang pertama menggunakan daging sapi, lalu yang kedua tidak perlu menambahkan siraman/bumbu seperti bumbu kacang diatasnya. Pembuatan sate ini kurang lebih tidak jauh berbeda dengan membuat sate biasa, namun bumbu kecap yang digunakan untuk merendam atau memarinasi daging sapi yang telah dipotong/ditusuk tersebut ditambahkan bawang dan beberapa rempah lain, sehingga rasanya lebih kuat, khas, dan tidak memerlukan tambahan bumbu lainnya.

Daging dan rasa dari sate itulah yang menjadi ciri khas dan perbedaan antara sate maranggi dengan sate biasa. Penyajian sate maranggi tentu sangat nikmat dihidangkan dengan nasi hangat. Sate Maranggi sudah dijual di beberapa daerah, salah satunya termasuk di Majalengka. Sate ini cukup terkenal di Majalengka dan menjadi makanan favorit/incaran warga sana. Untuk harganya sendiri tentu bervariasi karena harga ini relatif dan mengikuti tiap daerah masing-masing. Namun yang pasti sate maranggi cenderung lebih mahal dibanding sate lainnya. Sate maranggi juga biasanya di jual di beberapa tempat makan saja tidak seperti penjual sate ayam atau sate madura yang banyak di pinggir jalan.

Ada banyak tempat makan yang menjual sate Maranggi di Majalengka. Meskipun sate ini bukan khas atau asli Majalengka, nyatanya masyarakat Majalengka banyak yang menyukainya. Beberapa membawa keluarga atau teman untuk mencoba sate maranggi di Majalengka terutama bagi penyuka daging sapi. Nah jika penasaran dengan rasanya baraya bisa coba beli atau makan di tempat makan Majalengka yang menyediakan sate maranggi ini. Dijamin suka karena rasanya yang khas.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments