3 Makanan Tradisional Khas Majalengka



infomjlk.id - Berbicara mengenai makanan setiap daerah tentu memiliki ciri khas makanannya sendiri. Makanan khas tersebut juga bermacam-macam. Selain unik, rasa, bahan, dan pembuatannya pun juga pasti memiliki cara tersendiri. Makanan tradisional merupakan makanan yang sangat khas atau mencirikan suatu daerah tertentu. Salah satunya yaitu makanan tradisional Majalengka. Terdapat 3 makanan khas Majalengka yang dapat kamu coba, berikut rekomendasinya:



1. Pepes Jeroan


Pepes jeroan adalah salah satu makanan tradisional khas Majalengka dan juga merupakan masakan tanah pasundan. Pepes jeroan ini menggunakan jeroan ayam seperti ati ampela, usus, dan jantung dengan cara dikukus atau dibakar. Pembuatan pepes jeroan menggunakan bahan bumbu rempah-rempah dan daun pisang.

2. Sayur Katel


Sayur katel merupakan makanan tradisional khas yang mungkin hanya ada di Majalengka. Nama katel berasal dari tunas atau daun pucuk muda kacang kedelai yang baru tumbuh. Sayuran satu ini biasanya dibuat menjadi pencok katel yang dicampurkan dengan sambal tanpa harus dimasak terlebih dahulu sayurnya. Atau bisa juga dimasak dengan tahu dan menjadi sayur tahu katel yang dimakan bersama nasi hangat. Katel sebenarnya bisa dimasak/diolah menjadi apa saja tergantung si pembuat yang ingin memakan sayur tersebut.

3. Ampas Kecap


Selain terkenal akan kecap asin, Majalengka juga memiliki makanan khas dari ampas kecap. Ampas kecap merupakan makanan yang banyak dibuat di Majalengka. Makanan ini menjadi makanan khas yang dibuat dan dimakan menggunakan nasi hangat. Cara memasak ampas kecap bisa dengan ditumis biasa saja. Rasa dari ampas kecap ini juga cukup unik, asin dan sedikit pahit. Namun jika dimasak lalu dicampurkan dengan nasi hangat rasanya akan menjadi sangat enak dan nikmat.

Makanan Majalengka memang unik tapi rasa dan kenikmatannya tentu dapat membuat mata dan lidahmu tak berhenti bergoyang seperti yang sering dilakukan mamang Rapael di setiap kontennya. Segera coba buat atau beli makanan diatas yuk. Datang ke Majalengka aja atau coba cari di Majalengka juga bahannya lalu masak hahaha.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments