3 Makanan Tradisional untuk Rayakan Momen Ulang Tahun Majalengka


infomjlk.id - Tidak terasa sudah memasuki bulan Juni 2023. Di bulan ini ada beberapa tanggal istimewa yang menjadi hari besar Indonesia. Salah satunya pada tanggal 1 kemarin sebagai hari Kesaktian Pancasila. Banyak orang yang merayakan hari tersebut dengan melakukan upacara di daerah masing-masing meskipun pada tanggal itu merupakan tanggal merah dan beberapa pekerja serta siswa/i seharusnya libur. Selain itu juga ada tanggal dimana tanggal tersebut menjadi hari besar bagi warga Majalengka, yaitu pada tanggal 7 Juni 2023 merupakan Hari Jadi atau Ulang Tahun Kota Majalengka. Di tanggal tersebut biasanya para pekerja dan siswa/i diliburkan lalu diadakan acara berupa festival atau pawai untuk merayakan hari besar itu. Apakah ada makanan yang akan dipersiapkan untuk acara besar tersebut? Tentu ada dan inilah 3 rekomendasi makanan tradisional yang dapat dibuat untuk merayakan momen ulang tahun Majalengka:



1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan tradisional yang dapat dibuat di beberapa acara termasuk acara besar. Nasi tumpeng berbentuk kerucut menyerupai topi ulang tahun dan dibuat dengan ukuran yang bervariasi mulai dari ukuran kerucut kecil hingga besar tergantung acara yang diadakan dan kehendak pembuat acara tersebut. Nasi yang dibuat menggunakan nasi kuning disertai dengan lauk pauk yang bermacam-macam seperti ayam, telur, kentang, lalapan dan juga sambal. Lalu dihias menggunakan irisan cabe merah sehingga terlihat lebih menarik.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas daerah Jawa dan sering dibuat di daerah Sunda atau Jawa Barat. Nasi ini biasanya dibuat ketika ada acara keluarga, acara sekolah, kantoran, dan masih banyak lainnya. Untuk hal itu nasi liwet juga dapat disajikan saat acara ulang tahun Majalengka. Nasi liwet yang biasanya dipadukan dengan ikan asin, sambal, lalapan, jengkol, dan lainnya sangat nikmat sekali untuk disantap banyak orang. Nasi yang disediakan biasanya menggunakan dandang nasi atau panci khusus yang dimasak di atas tungku api. Nasi dimasak dengan menggunakan bumbu rempah serta kaldu ayam sehingga memiliki rasa yang khas.

3. Nasi Tutug Oncom

Masakan atau makanan terakhir untuk merayakan momen ulang tahun Majalengka yaitu dengan membuat nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom sudah pasti merupakan makanan khas Jawa Barat dan tak asing lagi bagi warga Sunda. Oncom yang telah dimasak dengan cara digoreng atau dibakar dan dibumbui sehingga lebih berasa kemudian dicampurkan dengan nasi hangat lalu diaduk. Nasi tutug oncom dipadukan dengan lauk pauk seperti ayam, terong, tahu, tempe, lalapan, dan sambal.

Beberapa masakan diatas dapat dibuat dan disediakan untuk acara tertentu atau hari besar daerah Jawa Barat. Selain bertema tradisional, makanan itu juga banyak dijual di beberapa tempat makan yang ada di Jawa Barat. Pastinya untuk segi rasa serta kombinasi antara nasi, lauk, dan pauk juga diterima oleh beberapa kalangan usia anak hingga orang dewasa dan beberapa orang dari berbagai daerah.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments