Masakan Rumah ala Mahasiswa dengan Budget Minim yang Gampang Dibuat

 

infomjlk.id - Hai, baraya! Adakah yang senang memasak? Terutama masakan rumahan. Ya, memasak biasanya selalu dikerjakan oleh perempuan. Selain hobi, memasak juga dapat menjadi kewajiban para wanita di rumah. Tidak hanya perempuan tetapi juga banyak laki-laki yang senang memasak. Bahkan lebih ahli dibanding wanita. Sebelum memasak tentunya harus mengetahui terlebih dahulu menu masakan yang akan dibuat. Sehingga setelahnya dapat disiapkan bahan dan cara membuatnya. Ada beberapa masakan yang mudah dibuat dan tentu tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Masakan ini bisa dibuat oleh siapapun. Bahannya pun mudah didapat. Masakan tersebut adalah masakan rumah ala mahasiswa. Cek dibawah ini ya untuk menunya!

                                      

1. Telur Ceplok Bumbu Kecap


Bahan:
Telur ayam, bawang putih, bawang merah, cabe keriting, bawang daun, garam, kaldu jamur/masako, gula, ladaku (opsional), kecap manis, dan air.


Cara membuat:
Goreng dahulu telur ceplok kemudian angkat dan tiriskan. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis. Tumis sebentar lalu masukkan cabe keriting yang telah diiris serong. Tunggu hingga bawang mulai mengeluarkan aroma dan berubah warna sedikit lalu masukkan telur ceplok dan tambahkan sedikit/secukupnya air. Sesuaikan dengan banyaknya telur. Masukkan bawang daun yang telah diiris serong, bumbu-bumbu secukupnya, dan kecap. Tunggu hingga air sedikit menyusut dan telur ceplok bumbu kecap siap disajikan.

2. Tumis Sosis Telur

Bahan:
Sosis (merk apapun), telur, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, bawang daun, gula, garam, masako, kecap manis, saus sambal dan air.

Cara membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis sebentar lalu sisihkan kesamping. Masukkan telur kemudian diorak arik. Masukkan sosis dan cabe keriting yang telah diiris serong, tumis dan campur semuanya. Lalu masukan air sedikit/secukupnya dan bawang daun yang telah diiris kasar. Tambahkan bumbu-bumbu, kecap dan saus sambal secukupnya. Tunggu hingga air mulai menyusut dan tumis sosis telur siap disajikan.

3. Cah Kangkung


Bahan:
Kangkung, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, garam, gula, masako, kecap manis, dan saus tiram.


Cara membuat:
Potong-potong kangkung lalu bersihkan. Tumis bawang merah yang diiris tipis dan bawang putih yang telah dicincang. Tumis sebentar lalu masukkan cabe keriting yang telah diiris serong. Tunggu hingga bawang mengeluarkan aroma dan berubah warna sedikit kemudian masukkan kangkung dan tambahkan sedikit air. Masukkan bumbu, kecap, dan saus tiram secukupnya. Tunggu hingga kangkung layu kemudian cah kangkung siap disajikan.

4. Jamur Krispi


Bahan:
Jamur tiram, telur, dan tepung bumbu serbaguna.


Cara membuat:
Cuci bersih jamur tiram kemudian peras hingga semua airnya keluar. Jika ukuran jamur terlalu besar, bagi menjadi dua atau tiga bagian. Kocok lepas satu atau dua telur lalu masukkan jamur kedalam telur. Setelah itu lumuri jamur dengan tepung. Goreng jamur di api yang sedang jika warnanya sudah emas kecokelatan jamur krispi siap diangkat dan dihidangkan.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments