Kata-Kata Sunda Majalengka Beserta Artinya yang Baru Aku Tau Selama Tinggal di Majalengka




infomjlk.idMajalengka, salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki ciri khas bahasa Sunda tersendiri diantara bahasa sunda daerah lainnya. Berbagai macam bahasa daerah di Indonesia memiliki tingkatan yang berbeda. Mulai dari bahasa halus hingga hingga bahasa kasar. Bahasa sunda yang menjadi bahasa sehari-hari orang Jawa Barat khususnya daerah Bandung, Sumedang, Majalengka, dan beberapa daerah lainnya memiliki karakter masing-masing. Tentu hal itu berpengaruh bagi diriku. Orang tuaku berasal dari Jawa Barat namun bukan daerah Majalengka. Beberapa kata sunda yang biasa mereka ucap tidak jauh berbeda dengan sunda Majalengka. Tetapi tahukah kamu, ketika aku tinggal di Majalengka ada beberapa kata sunda yang aku tidak mengerti. Bahkan ketika bertanya pada orang tua ku pun mereka juga tidak tau apa artinya. Dan sekarang setelah kami sudah cukup lama tinggal di Majalengka aku mulai tau beberapa kata sunda Majalengka dan artinya. Apa saja kata-kata itu? Cek di bawah ini ya

                                        

1. Oge? artinya "Emang iya?/masa sih?"


Yang aku tau dari kata "masa sih/emng iya" yaitu maenya, kalau dalam bahasa sunda yang biasa aku dengar di keluargaku.

2. Age artinya "ayok"


Nah kalau kata yang satu ini aku dengar pas ada salah seorang teman mengajak pergi. Dia selalu bilang "age", sedangkan aku saat itu tidak mengerti apa "age." Kemudian bertanya dan dia bilang "age" tuh ayok. Aku biasa taunya hayu kalau dalam bahasa sunda bukan "age."

3. Auh artinya "sakit"


Saat mengajak temanku main, ibunya bilang kalau temanku ini sedang sakit tapi bilangnya "auh." Lalu aku tanya beliau, apa itu "auh", beliau jawab sakit. Yang aku tau sakit dalam bahasa sunda itu teu damang/teu raraos. Satu lagi, gering tapi bahasa kasar ya itu.

4. Waras artinya "sehat"


Kata satu ini menurutku paling aneh sih. Sedikit gak masuk akal juga tapi memang itu yang dipakai di Majalengka. Kata itu ialah "waras" atau sehat. Saat pertama kali ku dengar orang mengatakan kata "waras" yang ada dikepalaku hanya satu, orang yang dia sebut itu mungkin sedang stres atau orang dalam gangguan jiwa. Tapi pas aku tanya dan aku dengar artinya, waw sangat mengejutkan sekali. Karena artinya adalah "sehat". Berbanding terbalik dengan kata waras itu sendiri. Bahasa sunda sehat yang aku tau yaitu sae/damang.

5. Dewek artinya "kamu"


Bahasa sunda "kamu" yang biasa aku dengar adalah anjeun/maneh tapi maneh kasar ya teman-teman. Sedangkan di sunda Majalengka, "dewek" artinya kamu.

6. Ngarui artinya "gerimis"


Untuk kata "ngarui" aku dengar saat aku sedang menjemur pakaian dan tiba-tiba gerimis. Tetanggaku langsung menghapiriku dan mengatakan "ngarui." Aku tidak memperdulikan kata-katanya karena gerimis aku segera memindahkan jemuran ke dalam rumah. Lalu aku bertanya pada ibuku, "ngarui" itu apa. Ibuku yang sudah tau artinya bilang, itu artinya gerimis. Gerimis dalam bahasa sunda yang ku tau yaitu girimis.

7. Kaendi artinya "kemana"


Biasanya kalau orang bertanya "kemana" dalam bahasa sunda yaitu kamana. Sedangkan di Majalengka saat aku ingin pergi, temanku bertanya kemana dengan kata "kaendi." Ku tanya balik, apa itu. Dia bilang "kemana, mau kemana?." Ternyata arti "kaendi" ialah kemana.

8. Dusun artinya "gak sopan"


Kata sunda Majalengka terakhir yang aku tau selama tinggal di Majalengka yaitu "dusun" yang artinya gak sopan. Kata sunda "gak sopan" yang biasanya aku dengar adalah teu sopan.

Itulah beberapa kata sunda yang aku tau dan menjadi wawasan/pengetahuan bahasa sunda baru yang aku dapat selama tinggal di Majalengka. Sepertinya masih banyak bahasa sunda Majalengka lain yang belum aku tau. Mungkin bagi baraya yang tau apa aja bisa komen di bawah ya.


Anggun L

Post a Comment

5 Comments

  1. Kata-kata bahasa Sunda di Majalengka mirip dengan Bahasa Cirebon yang diucapkan oleh masyarakat Cirebon contohnya kata Waras yg artinya sehat, pit-pitan yang artinya bersepeda, dusun yang artinya tdk sopan, age / gage yang artinya Ayo.

    ReplyDelete
  2. Bahasa halusnya sakit itu rieut sih, Mungkin beda2 tiap daerah. Gerimis jg tiap daerah penyebutannya beda2 jg. Memang luas bgt bahasa daerah kita, salah satunya bhs sunda.

    ReplyDelete
  3. Kajeun = Biarin
    Mecak = enak/asik/nyaman
    Kanda=ngobrol
    Gegelendeng=ngedumel
    Jember=sebel/benci
    Miang=berangkat/pergi
    Dmb aja lah

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)