Dari Buah Mangga Gedong Gincu Menjadi Bolu Kukus Mangga Gedong Gincu Majalengka

 


infomjlk.id - Buah-buahan adalah makanan sehat yang disukai banyak orang. Buah mengandung banyak vitamin di dalamnya. Setiap buah juga memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Bahkan buah pun juga terkadang hanya tumbuh di beberapa tempat atau daerah tertentu saja. Tidak mudah untuk menanam buah-buahan di kebun atau di halaman rumah. Selain harus mempersiapkan lahan, pupuk, bibit, dan juga penyesuaian musim, sebagai petani atau orang yang bercocok tanam juga harus lebih memperhatikan waktu dalam memeliharanya agar tanaman tersebut bisa tumbuh subur dan lebih berkualitas.

Salah satu buah yang banyak ditanam di Majalengka yaitu buah mangga gedong gincu. Buah ini adalah buah mangga dengan varian atau jenis berbeda dari buah mangga lainnya. Mangga gedong gincu merupakan buah mangga asli yang menjadi ciri khas atau ikon kota Majalengka. Buah ini sangat terkenal di daerah Majalengka. Mangga gedong gincu rasanya sama seperti mangga pada umumnya, tetapi buah mangga satu ini memiliki warna dan aroma yang berbeda dari mangga lainnya. Buah mangga gedong gincu berbentuk bulat dan lebih gendut. Kebanyakan mangga gedong gincu berukuran kecil hingga sedang. Warna dagingnya cenderung oranye lebih sedikit dibandingkan bijinya yang besar. Kulit mangga gedong gincu berwana kuning kemerahan dan aroma buah ini sangat wangi.

                                              

Dinamakan mangga gedong gincu karena buah ini warnanya kuning kemerahan seperti gincu/lipstik dan sangat menggoda. Aroma serta daging dari mangga gedong gincu juga dapat menarik orang untuk membeli atau memakannya karena enak sekali. Buah mangga inilah yang dijadikan olahan oleh masyarakat Majalengka. Salah satunya ialah olahan Bolu Kukus Mangga Gedong Gincu. Bolu Kukus Mangga Gedong Gincu merupakan bolu khas Majalengka yang dijual di Majalengka. Bolu ini banyak dibeli sebagai oleh-oleh atau untuk suatu acara.

Bolu Kukus Mangga Gedong Gincu sudah dijual di 2 tempat Majalengka, yaitu di daerah Munjul dan daerah Kadipaten. Bolu kukus mangga ini juga dibuat dengan beberapa varian rasa, ada yang full mangga, brownis mangga, dan original dengan topping keju atau coklat diatasnya. Rasanya sangat enak sekali bisa dicoba bagi siapapun yang belum pernah membeli dan memakannya.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments