Ada Apa dengan Lagu Bangbung Hideung?


infomjlk.id - Musik sunda Jawa Barat umumnya sangat bervariasi. Musik-musik itu memiliki ciri khas tersendiri. Selain lagu yang berbahasa sunda, cangkokan atau tembangan sunda di dalamnya juga sangat halus dan merdu ketika dinyanyikan para musisi lagu-lagu sunda. Lalu ada juga lagu daerah Jawa Barat yang umumnya dinyanyikan atau dipelajari di sekolah-sekolah. Jawa Barat atau daerah sunda ini memiliki salah satu lagu yang konon katanya lagu tersebut cukup terkenal akan kemistisannya. Lagu itu adalah lagu dengan judul Bangbung Hideung. Untuk mengetahui arti dan maksud lagu tersebut, mari ketahui sejarahnya terlebih dahulu.

Bangbung Hideung merupakan lagu yang biasa dinyanyikan pada acara besar seperti hajatan. Arti dari Bangbung Hideung yaitu kumbang hitam dan lirik yang dimaksudkan didalamnya mengibaratkan sosok lelaki yang sangat mencintai dan menyayangi perempuan yang cantik jelita. Sekretaris Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda (PDP-BS) Universitas Padjadjaran, Teddi Muhtadin mengatakan bahwa sebenarnya lagu Bangbung Hideung merupakan lagu cinta. Menceritakan kepedihan hati karena cintanya bertepuk sebelah tangan.

Lagu Bangbung Hideung memang sulit dipahami karena lirik dalam lagu tersebut menggunakan diksi bahasa sunda kuno yang tak lazim digunakan. Selain itu pada bagian awal lagu juga disusun dalam bentuk wawangsalan atau puisi tradisional. Teddi juga mengatakan jika dilihat dari lirik lagunya tidak ada hal yang mistis. Akan tetapi Bangbung Hideung dianggap menjadi mistis karena artinya yaitu kumbang hitam sering dianggap sebagai hewan yang biasa dijadikan media ilmu hitam atau santet. Hal itu yang mungkin membuat lagu Bangbung Hideung dianggap mistis. Aransemen lagu tersebut juga memungkinkan membuat para pendengarnya merasakan aura mistis.

Lagu Bangbung Hideung dirasa mistis dikuatkan oleh suara penyanyi atau sinden yang melengking dengan alunan musik yang berirama. Menurut perkumpulan Indonesian Archipelago Cultural Initiatives (IACI), orang-orang yang memiliki ilmu kebatinan yang sangat kuat menganggap lagu Bangbung Hideung memiliki aura mistis. Sinden yang menyanyikan lagi tersebut harus melakukan ritual khusus terlebih dahulu yang dinamakan nyambat makhluk ghaib. Kemudian orang yang mendengarkan lagu itu akan mengalami kerasukan dengan berjoget hingga lagu selesai. Itulah alasan mengapa lagu Bangbung Hideung dianggap mistis oleh orang Jawa Barat/orang sunda.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments