Perbedaan Tradisi Makanan antara Hidup di Kota dengan Hidup di Desa



infomjlk.id - Hidup di kota maupun hidup di desa, semua sama saja tidak ada perbedaannya. Semua orang berhak menentukan dimana mereka ingin tinggal. Tinggal di daerah perkotaaan dan pedesaan keduanya membutuhkan cara untuk bertahan hidup seperti bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup. Hal yang membedakan keduanya ialah tradisi antara orang yang hidup di kota dengan hidup di desa. Ada banyak perbedaan yang kerap terjadi antara mereka yang tinggal di desa maupun di kota. Mulai dari gaya hidup, kebutuhan yang didapat, hingga pekerjaan. Kira-kira seperti apa perbedaan tradisi dari segi makanan yang biasa diperoleh antara hidup di perkotaan maupun pedesaan? Berikut beberapa hal perbedaan tersebut:



1. Perbedaan Pekerjaan


Mereka yang hidup di desa biasanya dominan dengan orang-orang yang bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Hal yang dilakukan tentu saja bercocok tanam, bertani, berternak, dan terkadang berdagang. Lain halnya dengan orang yang tinggal di kota karena biasanya mereka akan bekerja di suatu instansi pemerintah, perusahaan, atau orang yang kerap berbisnis untuk mencari nafkah.

2. Perbedaan Bahan Baku Makanan


Orang yang tinggal di perkotaan cenderung membeli bahan baku kebutuhan mereka di swalayan maupun pasar, seperti membeli sayuran, buah, daging, hingga bumbu masak. Berbeda dengan mereka yang tinggal di desa biasanya memanfaatkan dari hasil tani mereka sendiri, seperti panen sayuran, panen beras, hingga dapat memakan lauk dari hasil ternak sendiri. Untuk bumbu pun didapat dari rempah-rempah yang ditaman dan kemudian diracik sendiri terkecuali beberapa bahan bumbu-bumbuan yang memang harus dibeli di warung.

3. Perbedaan Makanan di Suatu Acara


Jika biasanya mereka yang tinggal di kota akan menyumbang atau membeli makanan snack dari luar yang isinya seperti risoles, puding, dan bolu untuk acara mereka, hal itu sangat berbeda dengan yang hidup di pedesaan. Orang desa akan memanfaatkan apa yang mereka punya untuk dijadikan snack di suatu acara. Cotohnya seperti ubi kukus, makanan dari beras ketan, kacang rebus, agar-agar, dan makanan lain dari hasil tanam mereka.

Ketiga hal tersebut merupakan beberapa perbedaan tradisi dari segi pekerjaan dan makanan yang biasa dibuat atau didapat antara orang yang hidup di kota dengan hidup di desa. Mungkin ada beberapa perbedaan lagi terkait makanan atau kebutuhan hidup tersebut. Bagi yang tau, boleh sharing pengetahuannya di bawah ya.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments