Sekte “Tingwe” Hidup (Kembali) di Majalengka, Namun Ada Hal Penting yang Perlu Diketahui oleh Baraya

infomjlk.id - Kebudayaan tingwe sudah ada sejak ratusan tahun lalu, seiring dengan diperkenalkannya tembakau pada masyarakat Indonesia. Saya membayangkan kelahiran sekte ini; bahwa pada waktu itu, rokok hanya dapat dinikmati oleh kompeni dan borjuis; sementara orang-orang lokal harus melinting sendiri untuk dapat menikmati sensasi tembakau. Tingwe (linting dewe) adalah simbol perlawanan, gaya hidup, dan sebuah pilihan untuk menjadi borjuis atau orang lokal. Ratusan tahun kemudian, seorang anak muda Majalengka bernama Raka selalu terlihat membawa sebuah wadah plastik berisi tembakau setiap kali kami bertemu. Di tengah-tengah obrolan, kadang-kadang dia malah sibuk melinting, atau ia bisa berbicara sambil memilih-memilih tembakau. Entah bagaimana, dia terlihat keren.

Anggota Sekte Tingwe Hanya Orang-orang Sepuh?

Beberapa dari baraya barangkali menganggap kalau tingwe hanya dilakukan oleh orang-orang kolot. Padahal di Majalengka, kegiatan ini sekarang sudah banyak diminati oleh pemuda gaul seperti Raka. Pilihan tembakau, variasi rasa dan aroma yang beraneka ragam, enggak akan membuat baraya bosan. Sekarang ini, tingwe sudah persis dengan pilihan rasa liquid vape/pod. Perbedaannya hanyalah soal harga.

Teman saya yang lain; Robi, mulai bergabung dengan sekte tingwe setelah ia menikah dan memiliki anak. Ekonomi seringkali menjadi alasan pertama orang masuk sekte ini. Namun sekali lagi, entah bagaimana, saya melihat Robi adalah cowok keren; sebab ia mampu mengalah demi keluarganya. Apalagi di tahun yang digadang-gadang sebagai kiamat ekonomi ini, semuanya perlu berhemat.

Belum lagi ditambah negeri kita yang menjadi tempat tumbuh tembakau, sejatinya ada banyak sekali orang yang ingin pindah dan bergabung ke sekte tingwe, namun selalu muncul pertanyaan. Di mana membeli peralatan tingwe-nya?!

Di mana?

Sekarang sudah ada Toko Bako Ngobac.co yang Super Lengkap




ngobak.co menyediakan berbagai kebutuhan tingwe sangat lengkap; cengkeh, cerutu, busa filter, pahpir, semuanya ada! bahkan ada aksesorisnya, tersedia juga asbak dan lainnya. Buka saja web mereka di www.ngobakco.tokoa.id. Atau datang saja ke Jln. Dukuh Arsa Kidul RT11/RW04 (sawah asem kumbung) Kab. Majalengka Jawa Barat.

Hanya dengan 20k, baraya bisa dapat alat tingwe full set!


Baraya juga bisa menjadi reseller dan membantu penyebaran sekte ini di kampung sendiri, dan tenang saja ngobac.co akan memberimu diskon kok. Catat Telp Ngobac.co berikut; 081322444606

Post a Comment

0 Comments