Hutan Kota itu Penting, Tapi Pasar Tradisional Juga Penting



infomjlk.id - Era globalisasi saat ini semakin maju, berkembang, dan canggih. Segala hal akan dijadikan lebih modern dan lebih berkembang. Adanya peningkatan global saat ini maka suatu daerah pun menjadi terbawa. Contohnya adalah dibangunnya banyak gedung menjulang tinggi, dibangunnya gedung pusat perbelanjaan, permainan, hotel, supermarket, dan masih banyak lagi lainnya yang semakin modern. Dikarenakan hal itulah pepohonan mulai banyak ditebang, penghijaun lahan mulai berkurang, banyaknya satwa yang kehilangan tempat tinggal, meningkatnya pemanasan global. Hal ini tentu bukanlah suatu kondisi yang baik bagi suatu tempat. Pasar tradisional pun mulai tersingkirkan secara perlahan.


Seperti yang kita tahu bahwa yang dinamakan hutan kota ialah sesuatu yang sangat penting. Hutan kota adalah kawasan yang berada di dalam atau sekitar perkotaan yang ditutupi oleh pepohonan yang dibiarkan tumbuh secara alami menyerupai hutan dan tidak tertata seperti taman. Dengan adanya hutan kota, maka akan membantu untuk memperbaiki lingkungan hidup seperti area resapan air dan menjadi tempat daur karbondioksida menjadi oksigen perkotaan. Maka dari itu alangkah baiknya di suatu kawasan perkotaan tetap dilestarikan penghijauan lahan agar tidak membuat suatu kota menjadi lebih sesak.


Di samping itu perlu kita ketahui juga bahwa pasar tradisional merupakan suatu ciri khas bagi banyaknya orang saat berbelanja. Sebelum adanya minimarket atau supermarket, orang-orang akan banyak membeli keperluan di pasar tradisional. Selain harganya yang cukup terjangkau karena relatif lebih minim, bahan baku atau keperluan rumah tangga juga banya tersedia di sana. Apakah kalian tahu bahwa pasar tradisional itu sangat penting dan tidak boleh dikepinggirkan hanya karena adanya pasar modern. Pasar tradisional merupakan wadah untuk melakukan peningkatan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, dan penurunan angka kemiskinan. Keberadaan pasar tradisional memegang peran penting sebagai pondasi dasar perekonomian di suatu daerah atau wilayah. Jika suatu ketika pasar tradisional tidak banyak dikunjungi oleh pelanggan, apa jadinya masyarakat kita? Bagaimana dengan nasib mereka? Hanya karena banyaknya pasar modern yang dibangun kemudian orang-orang mulai beralih ke sana.


Sebagai contoh, mereka yang bermata pencaharian sebagai petani, nelayan, buruh, dan lain sebagainya akan menjual hasil usaha mereka ke mana? Apakah langsung ke pasar modern? Tentu tidak bukan. Mereka akan langsung menjualnya melalui pasar tradisional. Bahkan melalui pasar tradisional tersebut lah banyak orang yang menjadikannya sebagai suplier. Lalu apakah pasar tradisional ini penting? Tentu saja penting. Di sana lah orang akan mencari banyak suplier, orang akan mencari bahan yang mereka perlukan dengan harga yang lebih minim, orang yang kurang mengerti dengan pasar modern tentunya akan pergi ke pasar tradisional. Oleh sebab itu pasar tradisional ini sangat lah penting dan harus tetap berjalan hingga kapan pun.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments