Culture Shock ketika Pertama Kali Melihat Obrog-Obrog di Majalengka


infomjlk.id - Halo warga Majalengka. Kalian tau ga sih, Majalengka ternyata kotanya unik banget yah. Entah hanya di Majalengka atau di semua daerah Jawa Barat. Tapi yang pasti di tempatku dulu tidak ada yang namanya kegiatan ini. Ketika aku pindah ke Jawa Barat, tepatnya di Majalengka membuatku shock dengan budaya mereka. Bulan ramadan tiba, kemudian orang-orang akan sahur. Pada saat itulah banyak anak-anak hingga orang dewasa yang berlomba-lomba membangunkan orang lain atau warga setempat mereka untuk sahur. Yang lebih unik dan menurutku sangat mengesankan ialah cara mereka membangunkan orang tersebut untuk sahur.


Di Majalengka aku mendengar alunan suara mulai dari musik hingga nada atau nyanyian orang-orang di luar rumah yang sedang mencoba membangunkan warganya sahur. Hal yang menarik perhatianku adalah mereka memainkan alat musik yang biasa dipakai untuk acara pertunjukkan. Alat musiknya itu berupa gendang, drum seperti tong sampah di atas gerobak, gong yang besar, hingga ada yang menggunakan gamelan disertai toa yang diikat di dekat drum. Jujur aku sangat terkejut ketika pertama kali melihat itu di sekitar rumah. Karena sebelumnya di tempat lamaku tidak ada yang melakukan hal itu. Ditambah alat yang mereka gunakan sangat keren, karena menggunakan alat musik untuk pertunjukkan seni ahahaha. Sebutan bagi mereka yang membangunkan warga setempat sahur di Majalengka adalah "obrog-obrog".


Saat ini bahkan ada juga yang membangunkan sahur dengan cara menggunakan alat musik yang lebih modern, seperti gitar listrik dengan sound systemnya. Menggunakan lagu dari musik youtube, dan masih banyak lainnya. Karena aku berasal dari daerah lain jadi kegiatan itu membuatku sangat terkesan dan terheran-heran. Di tempatku yang hening tak ada yang membangunkan sahur namun ketika pindah ke Majalengka pada saat jam 3 dini hari pun jalanan ramai dengan suara obrog-obrog nya di bulan puasa. Tapi menurutku warga Majalengka sangat kreatif, karena mereka selalu mengadakan kegiatan untuk membangunkan sahur atau yang disebut obrog-obrog itu setiap tahunnya. Semangat selalu untuk kalian yang suka ikut dan senang membangunkan warga sahur. Jangan kendor, semangat dan teruskan hahahaa..


Anggun L

Post a Comment

0 Comments