3 Bukti Kalau Bahasa Sunda itu Keren




infomjlk.id - Bahasa Sunda menjadi bahasa yang cukup penting bagi warga Jawa Barat. Sudah sepantasnya orang lokal dapat menguasai bahasa mereka sendiri dengan baik dan lancar. Tetapi tahu kah kamu, bahwa Bahasa Sunda sebenarnya lebih keren dari yang kalian bayangkan. Apa saja ya bukti kalau Bahasa Sunda itu keren? Check infonya di bawah ini, baraya.


1. Sebagai Alat untuk Memperkenalkan Kearifan Lokal


Seperti yang telah dikatakan oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Syarifuddin bahwa, "pembelajaran bahasa daerah dianggap sebagai gerbang untuk menanamkan dan mempertajam nilai-nilai karakter bangsa, melatih kepekaan berpikir, olah rasa, olah karsa, serta sarana menyalurkan gagasan dan imajinasi secara kreatif." Selain itu juga Bahasa Sunda dapat digunakan untuk memperkenalkan budaya lokal Jawa Barat kepada masyarakat luar yang dibantu dengan penggunaan Bahasa Indonesia di sampingnya. Oleh karena itu Bahasa Sunda memiliki kedudukan penting untuk memperkenalkan kearifan lokal (local wisdom) sebagai landasan etnopedagogis.


2. Bahasa Sunda Dapat Mendunia


Tidak hanya Bahasa Indonesia saja, menurut Mikihiro Moriyama Guru Besar Nanzan University, Nagoya, Jepang, Bahasa Sunda juga berpotensi dapat mendunia. Menurut Guru Besar Jepang tersebut yang dapat menjadikan Bahasa Sunda mendunia itu ialah globalisasi. Dengan mempelajari Bahasa Sunda di berbagai daerah dan juga mengenalkannya ke dunia, maka Bahasa Sunda akan bisa eksis hingga ke berbagai negara. Mikihiro berharap bahwa orang sunda dapat lebih percaya diri dengan bahasa mereka, karena tidak semua globalisasi memberikan dampak negatif dengan menghapus budaya lokal. Profesor itu juga mengungkap setidaknya terdapat 220 buku pengajaran Bahasa Sunda yang terbit pada abad ke 20 di Indonesia maupun luar negeri berdasarkan penelitian yang telah ia lakukan. Selain itu buku pengajaran Bahasa Sunda juga diterbitkan secara berseri oleh penerbit di Groningen, Belanda, dan Batavia pada tahun 1920an. Inilah bukti kalau Bahasa Sunda dapat dikatakan sudah cukup mendunia.


3. Bahasa Sunda Digunakan di Belanda dan Tiongkok


Saat ini Bahasa Sunda sudah banyak digunakan di beberapa negara. Salah satunya yaitu Belanda dan Tiongkok. Orang-orang Belanda mencari pegawai yang dapat menggunakan Bahasa Sunda untuk perusahaan mereka, beberapa perusahaan perkebunan Belanda. Selain itu juga bahasa Sunda digunakan di 17 Universitas Tiongkok. Mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) di sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok memiliki keinginan tinggi untuk mempelajari Bahasa Sunda. Bahasa Sunda tersebut menjadi sebuah jurusan untuk para mahasiswa yang ada disana.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments