2 Alasan Mengapa Obrog-Obrog Itu Penting


infomjlk.id - Halo baraya Info Mjlk, baraya mungkin sudah tidak asing dengan obrog-obrog yang selalu ada dan siap sedia untuk membangunkan sahur di bulan ramadan. Obrog-obrog tidak hanya menjadi sebuah kegiatan biasa untuk membangunkan sahur melainkan sudah menjadi budaya di bulan ramadan khusunya di wilayah Majalengka. Siapa nih yang suka ikut ngobrog di desanya? Ternyata adanya obrog-obrog banyak sekali manfaatnya loh baraya. Kali ini saya akan membahas tentang alasan mengapa obrog-obrog itu sangat bermanfaat check it out!


1. Obrog-Obrog sebagai Sarana Beribadah


Adanya obrog-obrog bertujuan untuk membangunkan masyarakat untuk santap sahur. Lalu seberapa pentingnya sih santap sahur itu? Perlu diketahui, santap sahur tidak menjadi acuan sah atau tidaknya puasa kita di bulan ramadan karena tidak termasuk ke dalam sarat sah nya puasa melainkan hanya ibadah yang sifatnya sunnah. Namun sahur sendiri mempunyai beberapa manfaat bagi kita diantaranya adalah memperoleh keberkahan, menjaga tubuh agar tidak dehidrasi ketika puasa dan menjadi sarana Ibadah.


“Sahur merupakan hidangan yang diberkahi, oleh karena itu hindari mengabaikannya. Bahkan apabila salah satu dari kalian hanya meneguk air saja, sebab Allah beserta malaikat-Nya telah mengirimkan berkah bagi mereka yang makan di waktu sahur.” (Ahmad Al-Albaai dalam Saheeh Al-Jaami).


Dari hadist yang disebutkan diketahui bahwa pada waktu sahur merupakan waktu yang diberkahi. Seseorang yang berpuasa dengan sahur lebih diakui hebat daripada yang melewatkannya. Tak hanya itu, berdo’a diwaktu sahur juga lebih mustajab loh, sehingga santap sahur ini sangat diutamakan karena merupakan ibadah sunnah juga.


Jadi kesimpulannya membangunkan orang sahur dengan obrog-obrog juga merupakan sarana ibadah secara tidak langsung. Karena bisa saja jika tidak ada obrog-obrog orang akan tidur terlelap dan tidak sempat melakukan santap sahur sebelum puasa yang notabennya merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.


 2. Obrog-Obrog sebagai Sarana Pelestari Budaya


Obrog-obrog merupakan kegiatan membangunkan orang sahur yang sudah ada pada zaman dahulu kala. Dulu sebelum era modern orang membangunkan sahur memakai alat musik tradisional seperti kentongan bambu, goong dan alat tabuhan lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, obrog-obrog bertransisi menjadi lebih modern dan memanfaatkan alat musik listrik untuk membangunkan sahur. Contonya adalah gitar listrik, piano, gendang, goong dan diiringi dengan lagu-lagu yang sedang viral maupun variasi lagu lainnya. Bahkan obrog-obrog saat ini sudah ada yang memakai aplikasi drum yang dapat diunduh dari internet yang suaranya pun sama persis dengan drum asli. Jadi bukan hanya sebagai sarana ibadah, obrog-obrog juga merupakan sarana pelestari budaya yang harus kita jaga bersama-sama.


Sekian informasi terkait dua alasan mengapa obrog-obrog itu penting yang bisa saya bagikan, semoga beragam informasi ini bisa bermanfaat untuk baraya Infomjlk semua ya. Nantikan kembali pembahasan menarik tentang keunikan yang terdapat di berbagai wilayah di Kabupaten Majalengka ya, see you next time!


Irfan Kurnia Padllul Rohman

Post a Comment

0 Comments