Kerja Hingga Jam 8 Malam, Apakah Masih Bisa Mengerjakan Shalat Tarawih?


infomjlk.id Baraya Infomjlk siapa nih yang sukanya kerja terus? Atau kerja sampai malam bahkan ada yang sampai jam 8 atau 9? Kalau kerja sampai jam segitu biasanya tidak bisa ikut shalat tarawih. Padahal shalat tarawih pahalanya cukup besar lho, karena shalat sunnah yg sebaiknya dikerjakan di Bulan Suci Ramadhan ini. Tapi Baraya tau gak sih, kalau sebenarnya mau pulang malam sekalipun karena kerjaan Baraya tetap bisa menjalankan ibadah shalat tarawih dirumah. Untuk waktunya gimana nih? Yuk langsung check info dibawah ini yaa..

  • Shalat Tarawih Bisa Dikerjakan Setelah Shalat Isya Hingga Menjelang Subuh/Sebelum Waktu Fajar Tiba
    Tarawih biasanya dikerjakan setelah shalat Isya dengan banyaknya 23 rakaat atau 11 rakaat, sudah termasuk shalat witir 3 rakaat didalamnya. Kebanyakan orang mendirikan shalat tarawih dengan berjamaah di masjid atau mushala untuk mengikuti imam. Tetapi bagi mereka yang belum bisa mengikuti shalat tersebut karena suatu pekerjaan masih bisa mendirikan shalat Tarawih dirumah. Seperti yang tertulis dalam HR Imam Muslim: "Aisyah, istri Nabi Muhammad berkata: Rasulullah melakukan shalat pada waktu setelah selesainya shalat Isya hingga waktu fajar (subuh) sebanyak 11 rakaat, mengucapkan salam pada setiap dua rakaat, dan melakukan witir dengan dua dan satu rakaat."
    Niat dalam mendirikan shalat tersebut sama saja. Perbedaannya hanya pada bagian makmum saja, yang mana jika sendiri tidak menyebutkan "ma'muman." Contohnya:
    • Ushalli sunnatan Tarawihi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta‘ala, menjadi
    • Ushalli sunnatan Tarawihi rak‘atayni mustaqbilal qiblati lillahi ta‘ala.
  • Keutamaan Shalat Tarawih
    Shalat tarawih memiliki sejumlah keutamaan, salah satunya yaitu barang siapa yang mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas maka Allah akan mengampuni dosa dosanya. Seperti yang tertulis dalam HR Al Bukhari dan Muslim: "Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.

Beberapa penjelasan diatas merupakan penjelasan bagi siapapun untuk mendirikan shalat tarawih. Selain memiliki sejumlah keutamaan, shalat tarawih juga masih bisa dikerjakan meskipun hanya sendiri. Jadi, begitu pulang bekerja baraya masih bisa menjalakan ibadah tarawih dirumah dengan memilih shalat dengan 11 rakaan atau 23 rakaat. Keduanya sama saja, namun Rasulullah menjalankan shalat tarawih dengan 11 rakaat. Seperti yang dikatakan oleh istri Nabi, Aisyah.


Anggun L



Post a Comment

0 Comments