Berdukaria Bersama Ruang Sendu di Konser Patah Hati

 

 

Baraya, bulan Februari yang sering disebut dengan bulan kasih sayang kini sudah terlewati. Mungkin ada beberapa orang yang tidak bisa merayakan kasih sayangnya di bulan februari terkhusus di hari valentine. Namun baraya jangan bersedih hati, karena kita juga bisa merayakan kesedihan dengan bergembira dan melupakan segala problema yang membuat jatuh tersungkur di babat habis realita. 

Ada kalanya kita harus menikmati rasa sakit dan merayakannya dengan suasana yang meriah. Salah satu caranya adalah dengan menghadiri pargelaran  musik yang bertajuk “Konser Patah Hati” yang akan dimeriahkan oleh band Ruang Sendu, band asli Majalengka. Lalu seperti apa sih acaranya? mari simak informasi selengkapnya check it out !

 

Lebih dekat dengan Ruang Sendu, band pop folk asli Majalengka.

         Ruang Sendu merupakan band pop folk asal kota Majalengka. Berawal dari project ‘Patah Hati’ kedua personil yakni Aditya Ananda (Vokalis) dan Aska Putra (Gitaris) yang pada saat itu memang baru saja mengalami patah hati hingga akhirnya memutuskan untuk melampiaskan energi patah hatinya tersebut melalui karya.

Single perdana ‘Panggil Aku Kenang’ kemudian menjadi start-up untuk Ruang Sendu memulai kiprahnya di belantika musik indie Indonesia. Melalui single tersebut Ruang Sendu mulai dikenal di skena musik lokal dari festival musik, pentas seni kampus, gigs komunitas anak muda hingga terakhir event panggung musik tahunan sebuah brand rokok kenamaan. Pada tahun 2018 melalui single ‘Panggil Aku Kenang’, Ruang Sendu dinobatkan sebagai Band ‘Berkualitas’ oleh komunitas Indie Positif yang kemudian menjadi tempat mereka membuat naungan manajemen musik secara indie.

Sampai saat ini, Ruang Sendu telah melahirkan karyanya yang kemudian dirangkum dalam bentuk mini album (EP) dengan tajuk ‘Merangkai Kenangan’ yang telah dirilis secara digital di seluruh platform musik. EP ‘Merangkai Kenangan’ berisi 5 buah single yakni Panggil Aku Kenang, Sepasang Hati (yang Patah), Seorang di Sudut Itu, Puisi Rindu & Percaya Perdaya. Seluruh single yang disajikan mengusung tema ‘patah hati’ karena memang ungkapan jiwa dan pemikiran dari kedua personil serta musikalisasi puisi beberapa karya penulis puisi di Majalengka.

Bagi Ruang Sendu, musik bukan hanya soal performing dari panggung ke panggung melainkan juga media untuk penyembuhan diri dan mengekspresikan jiwa serta rasa. Selain itu dalam kiprahnya Ruang Sendu kerap kali mengenalkan puisi agar lebih membumi untuk khalayak ramai.


 

 

Di Tangan Ruang Sendu, Patah Hati Menjadi Konser 

Patah hati dapat menjadi energi tergantung bagaimana seseorang dalam menyikapi dinamikanya. Energi yang dirasakan orang yang sedang mengalami patah hati akan menjadi sebuah seni untuk mengenal dirinya sendiri. Kecewanya ditinggalkan, sakitnya dikhianati, peliknya menghadapi quarter life crisis hingga mengganggu pola tidur dan psikis, ditinggal nikah hingga terjerembab dalam titik pasrah akan membuat ritme tersendiri dalam kehidupan seseorang yang mengalaminya.

Tidak semua orang memiliki media untuk bercerita sekadar untuk mendengarkan keluh kesah atau cara untuk melampiasakan rasa sakitnya. Ruang Sendu yang sejak 2018 konsisten dalam mengarungi energi patah hati di setiap lagu-lagunya, kemudian hadir dan mengajak khalayak untuk mengubah energi patah hati menjadi energi berekspresi dan penyembuhan diri melalui Konser Patah Hati. 

Konser Patah Hati merupakan media healing dan hearing bagi anak muda yang sedang mengalami keresahan karena patah hati. Selain itu, konser patah hati juga bertujuan sebagai sarana hiburan dan wujud eksistensi serta ekspresi bagi kaum muda-mudi umumnya dan khususnya bagi para musisi.

 Bagi Ruang Sendu, Konser Patah Hati dibuat untuk merayakan rilisnya mini album “Merangkai Kenangan” yang seyogianya telah dirilis pada tahun 2020 tetapi karena pada saat itu sedang ramai pembatasan keramaian sosial akibat efek pandemi hingga membuat konser perilisan EP tersebut baru dapat dilakukan di tahun 2023 ini . EP “Merangkai Kenangan” terdiri dari 5 buah single yakni Panggil Aku Kenang, Sepasang Hati (yang Patah), Seorang di Sudut Itu, Puisi Rindu, dan Percaya Perdaya. Kelima single tersebut disajikan dengan hembusan nafas dan energi patah hati yang telah tersebar di seluruh platform musik digital. 

Karena patah hati adalah energi, maka Konser Patah Hati adalah muaranya dalam mengekspresikan diri. Hal yang kemudian diharapkan dengan adanya Konser Patah Hati, banyak orang yang tidak memiliki media berbagi dan melampiaskan energi patah hati dapat menemukan titik temunya. Konser Patah Hati akan dihelat pada tanggal 04 Maret 2023 di Marlina Kopi, Lemahsugih Majalengka. 

 

         Sekian infomasi yang saya sampaikan. Mari ajak kolega, keluarga, pasangan, maupun bestie baraya info MJLK semua untuk memeriahkan Konser Patah Hati di tanggal 4 Maret nanti dan berduka rialah dengan penuh gembira.

Irfan Kurnia

Post a Comment

0 Comments