Apakah Nangis Membatalkan Puasa?




infomjlk.id - Menonton film ataupun drama merupakan salah satu kegiatan ngabuburit yang sering dilakukan banyak orang. Seringkali ketika jalan cerita film tersebut sedih, kita sebagai penonton terbawa suasana lalu tiba-tiba menangis. Lalu apakah menagis dapat membatalkan puasa? Mari simak informasi selanjutnya check it out!


Gara-gara Menangis Puasa Jadi Batal?


Pada dasarnya, tidak ada dalil yang secara khusus menjelaskan hukum menangis ketika tengah menjalankan ibadah puasa. Baik dari Al-Qur'an maupun hadits. Oleh karena itu, para ulama mengkaji permasalahan ini dan menyimpulkannya. Dalam buku yang berjudul Menjawab 1001 Soal Keislamanmyang Patut Anda Ketahui karya Profesor Quraisy Shihab menjelaskan permasalahan ini. Menurutnya, menangis karena sebab apapun tidak dapat disebut membatalkan puasa.


Menangis memang tidak membatalkan puasa secara langsung, namun bukan berarti kita harus kalut akan kesedihan apalagi jika hanya menonton film. Baraya tidak dianjurkan untuk tidak menangis jika tidak ada sebabnya. Puasa hendaknya dijalankan dengan penuh suka cita dan demi mengharapkan ridha dari Allah SWT.


"Jika menangis karena mengingat dosa-dosa, prihatin melihat penderitaan orang lain, atau pun mengingat kebesaran Allah, maka hal tersebut justru akan menambah pahala," Menangis karena cengeng terhadap Tuhan dan karena merenungi dosa-dosanya adalah perbuatan yang mulia. Jadi alangkah baiknya baraya tidak menangisi hal hal biasa apalagi hanya sekedar nonton film, ingat.


Jadi pada intinya menangis tidak membatalkan puasa selagi air mata baraya tidak ditampung ke dalam gelas dan dicampur sirop marjan ya baraya. Hal ini juga diterangkan dalam kitab raudatuth tholibin karena mata bukan merupakan rongga bagian tubuh sehingga menangis tidak dapat membatalkan puasa.


Sekian informasi terkait apakah menagis dapat membatalkan puasa yang bisa saya bagikan, semoga beragam informasi ini bisa bermanfaat untuk baraya Infomjlk semua ya. Nantikan kembali pembahasan info menarik seputar bulan ramadan serta tips dan trik yang akan saya bagikan ya, see you next time!


Irfan Kurnia Padllul Rohman

Post a Comment

0 Comments