5 Amalan Ini Bisa Bikin Rezekimu Mengalir Deras di Bulan Ramadan



Setiap Baraya Infomjlk sudah memiliki kadar rezeki yang berbeda-beda. Allah SWT sudah menetapkan semuanya secara adil, tepat, terbaik, dan proporsional sehingga rezeki yang kita peroleh tidak akan tertukar. Meskipun demikian, rezeki tetaplah harus diupayakan dengan ikhtiar. Bagaimana bisa rezeki datang tanpa kita menjemputnya. Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa Baraya lakukan adalah dengan mengerjakan beragam amalan untuk memperlancar rezeki yang didapatkan. Berikut 5 Amalan ini Bisa Bikin Rezekimu Lancar:


1. Shalat Sunnah Dhuha

Amalan yang pertama yang bisa Baraya kerjakan adalah Shalat Sunnah Dhuha. Shalat Sunnah Dhuha ini bisa baraya kerjakan mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00. Namun, alangkah lebih utama jika Baraya semua bisa menunaikan Shalat Sunnah Dhuha empat rakaat sebelum bekerja. Amalan ini banyak memiliki keutamaan loh, antara lain dapat membuka pintu rezeki dan Allah akan mencukupkannya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits, Rasulullah Saw bersabda:

“Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu shalat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la).


2. Memperbanyak Berzikir

Amalan kedua yang bisa membuat rezekimu lancar adalah dengan memperbanyak zikir. Zikir merupakan amalan ringan namun berat timbangan amalnya. Zikir bisa Baraya lakukan di waktu siang, sore, dan malam. Allah SWT sudah memerintahkan hambanya untuk memperbanyak zikir nih baraya. Salah satu firman-Nya dalam QS. Al-Ahzab: 41

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ وَّسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan zikir sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41).

Beberapa di antara keutaman zikir adalah dimudahkannya rezeki dan dilancarkan dari segala urusan. Banyak amalan zikir untuk memperlancar rezeki yang bisa Baraya dawamkan, salah satunya dengan Istighfar. 


3. Bersedekah

Sedekah menjadi amalan ketiga yang mampu memperlancar rezekimu nih Baraya. Keutamaan sedekah, selain Allah akan menggantinya dengan yang lebih, Allah juga akan memudahkan kita dan menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Allah SWT berfirman:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya.” Suatu apa pun yang kamu infakkan pasti Dia akan menggantinya. Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Saba: 39)

Jika tak percaya, coba deh Baraya semua buktikan. Apakah benar bersedekah mampu memperlancar rezeki baraya? Yuk, sama-sama kita buktikan.


4. Menjalin Silaturahmi

Amalan berikutnya yang bisa memperlancar rezekimu adalah menjalin silaturahmi. Salah satu keutamaan silaturahmi adalah dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umur. Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi” (HR. Bukhari No. 5985 dan Muslim No. 2557).

Jika baraya semua ingin rezekinya lancar, maka bersilaturahmi-lah. Momentum Ramadan ini bisa dijadikan buat ajang silaturahmi nih Baraya. Jalin relasi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Maka sebanyak dan seluas itulah rezeki yang akan baraya semua peroleh.


5. Berusaha dan Berikhtiar

Amalan yang terakhir yang bisa bikin rezekimu lancar adalah berusaha dan berikhtiar. Bagaimanapun rezeki, jika tanpa berusaha dan berikhtiar tidak akan lancar, Baraya. Dari kelima amalan ini, 4 di antaranya amalan batin (jalur langit) dan 1 amalan lahir (jalur dunia). Jadi, semuanya harus seimbang ya Baraya.


Perlu kita ketahui bersama nih Baraya, ada tiga macam rezeki; Pertama, rezeki yang tanpa kita minta dan tanpa kita usahakan telah diberi oleh Allah; Kedua, rezeki yang kita peroleh melalui ikhtiar, berusaha, dan bekerja; dan Ketiga, rezeki yang diberikan langsung oleh Allah melalui hal yang kita tidak sangka sebelumnya.Itulah 5 amalan yang bisa bikin rezekimu lancar. Semoga Allah melimpahkan rezeki bagi kita semua. Aamiin.


Arief Nur Rohman 

Post a Comment

0 Comments