5 Amalan Bulan Ramadhan Ini Bisa Bikin Puasamu Tambah Berkah


Infomjlk.id – Marhaban ya Ramadhan Baraya InfoMJLK. Waktu tak terasa bergerak begitu cepat. Rasanya baru kemarin Bulan Sya’ban, Besok sudah mau Ramadan. Rugi rasanya jika bulan Ramadhan kita lalui tanpa jejak amal yang kita raih di bulan ini. Agar Ramadhan Baraya gak gitu-gitu aja, sahur, puasa, dan buka. Aku kasih tahu beberapa amalan yang bisa Baraya kerjakan. Berikut 5 Amalan Bulan Ramadhan Ini Bisa Bikin Puasamu Tambah Berkah.


  1. Memperbanyak Berdoa

Amalan pertama yang mesti Baraya kerjakan di Bulan Ramadhan adalah memperbanyak berdoa. Bulan Ramadhan menjadi salah satu waktu dikabulkannya doa. Rasulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa pasti akan dikabulkan” (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin Abdillah)

Dengan begitu, bulan Ramadhan menjadi waktu untuk men-setlist doa-doa baraya semua. Semoga terkabul, ya. Aamiin.

  1. Membaca Al-Quran

Amalan yang bisa Baraya semua kerjakan di sela-sela aktivitas puasa adalah membaca Al-Quran. Amalan ini bisa baraya kerjakan kapanpun dan di manapun, Bisa selepas shalat, bisa menjelang berbuka, atau bisa juga sebelum tidur. Seperti Baraya membaca pesan singkat dari si dia, jangan lupa juga kita “Baca Pesan Agung dari Dia” juga ya baraya. Rasulullah Saw bersabda:

Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala. Aku tidak memaksudkan Alif, Lam, Mim satu huruf. melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR Darimi & Tirmidzi)

  1. Shalat Malam

Di momentum Ramadhan ini, shalat malam jadi amalan yang mesti kita maksimalkan nih, Baraya. Shalat malam ini ada beragam jenisnya.. Ada Shalat Tarawih, Shalat Taubat, Shalat Hajat, dan Shalat Tahajud. Jika baraya semua baru bisa mengerjakan shalat Tarawih di minggu pertama, yuk kita sama-sama berusaha untuk menunaikan Shalat malam lainnya di minggu kedua dan seterusnya. Sebab, Rasulullah Saw bersabda:

"Barangsiapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT." (HR Bukhari & Muslim)

  1. Bersedekah

Amalan di bulan Ramadhan berikutnya adalah bersedekah. 

Rasulullah Saw bersabda:

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Artinya: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadhan” (HR Tirmidzi)

Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi Baraya semua untuk memperbanyak sedekah. Banyak ragam sedekah yang bisa baraya tunaikan bersama. Antara lain, mulai dari sedekah takjil, sedekah sahur, sedekah uang, hingga sedekah ide dan pemikiran. Sedekah termasuk amalan sosial yang dirasa perlu kita tunaikan bersama. Sebab dengan bersedekah, manfaatnya akan terasa langsung oleh penerima. Tentunya sedekah terbaik sesuai kemampuan, dan tidak perlu memaksakan.

  1. Bersilaturahmi

Dan, amalan kelima yang bisa Baraya kerjakan di Bulan Ramadhan adalah bersilaturahmi. Silaturahmi menjadi sebagian amalan yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Momentum Ramadhan, bisa Baraya gunakan untuk menjalin silaturahmi kembali dengan siapapun dan kapanpun, termasuk ke mantan yang baru putus beberapa waktu lalu.


Itulah antara lain 5 amalan yang bisa baraya kerjakan di Bulan Ramadhan. Semoga kita bisa memaksimalkan ragam ibadah yang kita tunaikan di bulan Ramadhan ini ya. Baraya. Semoga pula Allah memberikan karunia, rahmat, dan ridho-Nya atas segala kebaikan, keindahan, kebenaran, keberkahan, cinta, dan sukacita yang meliputi kita. Aamiin.


Arief Nur Rohman


Post a Comment

0 Comments