4 Rekomendasi Kegiatan Ngabuburit Yang Bisa Baraya Lakukan untuk Membunuh Waktu


infomjlk.id - Halo baraya Infomjlk, tidak terasa bulan Ramadhan tahun ini sudah tiba. Tentunya banyak kegiatan  yang menjadi ciri khas di bulan suci ini yang belum tentu ada di hari hari biasa, salah satunya adalah kegiatan ngabuburit. Baraya tau gak sih? Sebenarnya ngabuburit itu berasal dari bahasa sunda. Berdasarkan Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit atau bersantai sambil menunggu waktu sore. Karena perkembangan zaman dan cepatnya penyebaran informasi di sosial media, istilah ngabuburit kini menjadi istilah nasional untuk kegiatan menunggu adzan maghrib ketika sedang berpuasa di bulan suci Ramadhan. Di sini aku akan berbagi informasi tentang rekomendasi kegiatan ngabuburit, check it out!.


1. Beribadah

            Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan alangkah baiknya kita mengisinya dengan kegian ibadah. Baraya Info Mjlk bisa melakukan tadarus Al-Qur’an dilanjut  membaca  Al-Ma’tsurat (bacaan dzikir pagi dan petang) sambil menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa. Karena di bukan suci Ramadhan, segala kegiatan ibadah akan di lipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu perbanyaklah beribadah ya baraya Info Mjlk .


2. Berburu Ta’jil  

            Ngabuburit selalu identik dengan berburu ta’jil. Ta’jil biasanya merupakan hidangan pembuka pada iftar (buka puasa). Di Majalengka banyak sekali ta’jil yang sering dijual dipinggir jalan maupun di sekitar alun alun. Diantaranya adalah kolak pisang, kolak ubi, bubur lemu, bubur pacar, aneka gorengan, dan jajanan kaki lima lainnya yang ramah dikantong. Sedikit tips bagi baraya yang ingin berburu ta’jil tapi kere hore, baraya bisa mengunjungi masjid masjid yang biasa mengadakan iftar dan baraya pun akan mendapatkan ta’jil secara gratis.


3. Olahraga

            Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti olahraga, justru kita harus menjaga kesehatan kita agar kita dapat menjalankan puasa dengan lancar tanpa diterpa penyakit. Baraya bisa sekedar melakukan workout ringan di rumah ataupun jogging sambil ngabuburit berburu ta’jil.


4. Melakukan Kegiatan Positif

            Selain kegiatan diatas, baraya juga bisa melakukan berbagai kegiatan postif lainnya untuk mengisi kegiatan ngabuburit. Diantaranya adalah membaca buku, membersihkan rumah, maupun membatu orangtua untuk menyiapkan menu berbuka puasa.

            

Itulah informasi tentang rekomendasi kegiatan ngabuburit  dari saya yang bisa baraya lakukan, semoga bermanfaat dan semoga kita semua diberikan keberkahan dalam menjalani ibadah puasa dibulan Ramadhan ini, see you next time di segmen selanjutnya.


Irfan Kurnia Padllul Rohman

 

Post a Comment

0 Comments