4 Hal ini Hanya Dapat Dirasakan Bagi Mereka yang Suka Ikut Tarawih Berjamaah


infomjlk.id - Ashaduallaa Ilaa Ha Illawlaah.. Astaghfirullaah.. Halo warga Majalengka. Lantunan itu ada yang tahu tidak lantunan apa? Yap benar sekali, itu adalah lantunan ayat yang biasa kita dengar ketika ikut shalat Tarawih berjamaah. Ngomong ngomong soal shalat Tarawih berjamaah, hal apa aja sih yang biasanya hanya dapat dirasakan oleh kalian yang suka ikut shalat tersebut? Liat info dibawah yuk, 4 hal yang hanya dapat dirasakan oleh mereka yang suka ikut shalat tarawih berjamaah.


Mengikuti Tadarus

Yang pertama yaitu mengikuti tadarus. Baik laki-laki, perempuan, dan dari kalangan manapun biasanya suka ikut tadarusan bersama. Tadarus ini biasanya dikerjakan setelah shalat tarawih hingga puasa terakhir. Setelah menyelesaikan bacaan hingga juz terakhir (juz 30), biasanya akan diadakan acara khataman ngaji. Lalu di beberapa tempat/daerah juga ada yang memberikan sedikit rezekinya kepada orang-orang yang mengikuti dan telah menyelesaikan tadarus tersebut hingga khatam. Hal ini hanya dapat dirasakan dan didapatkan bagi mereka yang rajin ikut shalat tarawih berjamaah.

Merasa Gerah
Hal yang kedua ini sedikit lucu, tapi memang banyak orang yang merasakannya. Maksud dari merasa gerah adalah, mereka yang sering ikut tarawih berjamaah, terutama bagi para perempuan biasanya lebih memilih shalat di luar ruangan atau di bagian teras masjid daripada di dalam masjid atau mushala. Memangnya kenapa? Hal itu karena, biasanya mereka akan merasa gerah jika memilih shalat di dalam masjid. Walaupun ada kipas yang sudah disediakan di dalam masjid/mushala tersebut, barisan atau shaf perempuan di dalam sering tidak terisi penuh. Ntah apa yang membuat mereka gerah, tapi memang seperti kebanyakannya. Dan itu terjadi hampir di semua daerah manapun. Namun tidak sedikit juga orang yang shalat di dalam ruangan untuk mengisi shaf kosong tersebut.

Mendengar Shalawat dari Anak Laki-Laki
Anak laki-laki biasanya paling senang jika waktu bulan ramadhan tiba. Mereka akan rajin pergi ke masjid atau mushala untuk menjalankan ibadah Tarawih. Selain itu, mereka juga senang sekali jika ada di barisan depan karena ingin ikut dalam membacakan shalawat di sela-sela shalat Tarawih. Suara mereka biasanya terdengar sangat khas, keras, dan bersemangat jika telah membacakan shalawat tersebut menggunakan mic, agar suaranya terdengar oleh semua orang melalui speaker masjid/mushala.

Anak-Anak yang Asik Bermain
Bagi orang tua, anak-anak harus diajarkan tata cara shalat. Hal itu karena, shalat merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim. Ketika bulan ramadhan tiba, biasanya orang tua akan membawa anaknya melaksanakan shalat tarawih di masjid karena tidak ada yang bisa menjaga mereka dirumah. Akan tetapi, sebagai anak kecil yang suka bermain, bukannya ikut shalat mereka malah asik bermain disana. Lucu sekali, dengan menggunakan mukena atau baju koko, mereka bermain satu sama lain. Walau tidak saling kenal jika banyak anak-anak yang mereka temui, mereka akan bergabung dan bermain bersama. Suara teriakan, tangisan, lari-larian, terkadang mengganggu orang yang sedang menjalankan shalat tersebut. Hingga ada yang dimarahi orang tua mereka. Namun itulah yang menjadi ciri khas di Bulan Suci Ramadhan ini. Akan sangat aneh jika suatu masjid atau mushala tidak dikelilingi oleh anak-anak. Mungkin di beberapa tempat bisa saja itu terjadi, tapi kebanyakannya anak-anak selalu menghangatkan suasana masjid atau mushala di Bulan Suci Ramadhan.

Seru banget kan bulan puasa ini. Ada banyak sekali cerita ketika ikut shalat tarawih berjamaah di masjid atau mushala. Maka dari itu, jika tidak ada halangan ikutlah selalu shalat tarawih berjamaah tersebut. Karena sangat terasa sekali, bagaimana suasana di masjid. Jangan lupa untuk selalu ikut shalat tarawih berjamaah yaa warga infomjlk.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments