3 Keistimewaan Bulan Ramadan


infomjlk.id - Bulan Ramadhan merupakan Bulan yang penuh dengan keistimewaan didalamnya loh. Banyak sekali peristiwa yang berhubungan dengan Islam terjadi pada bulan penuh berkah ini. Diantaranya adalah peristiwa diturunkannya Al-Qur’an untuk pertama kali pada Nabi Muhammad SAW dan Malam Lailatul Qodar.

Itulah mengapa, bulan ini terasa sangat istimewa bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Bahkan, juga istimewa untuk masyarakat di Indonesia.

Baraya penasaran dengan berbagai keistimewaan dibulan Ramadhan ini? Mari simak informasi yang akan saya bagikan ya, check it out !


1. Malam Nuzulul Qur’an

Baraya sudah tahu belum kalo Al-Qur’an itu pertamakali diturunkan kepada nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan loh. Pada malam 17 Ramadhan, Al-Quran diturunkan pertama kali dan menjadi perubahan besar untuk seluruh umat Islam dan peradaban di seluruh dunia. Sejak itulah, seluruh ayat diturunkan satu persatu selama beberapa puluh tahun kepada Nabi Muhammad SAW dan akhirnya, ayat-ayat yang diturunkan secara terpisah itu digabungkan menjadi satu dan menjadi Al-Qur’an pada masa khalifah Utsman Bin Affan RA yang saat ini dibaca oleh seluruh umat Islam di dunia.

Terkait diturunkannya al-Quran pada bulan ramadhan sebenarnya memang telah disebutkan dalam ayat 185 surat al-Baqarah. Yaitu:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ.

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).


2. Malam Lailatul Qodar

Baraya mungkin sudah tidak asing dengan peristiwa malam lailatul qadar. Malam ini merupakan salah satu malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, karena pada malam ini amalan yang diterima oleh seseorang akan lebih baik dari 1000 bulan. Artinya, dengan mendapatkan malam Lailatul Qadar pahala ibadahnya bisa meningkat tajam. Sangat istimewa sekali bukan ?

Sebagian besar ulama meyakini jika malam Lailatul Qadar biasanya muncul pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar ini, baraya harus lebih banyak melakukan aktivitas ibadah di mesjid maupun di rumah masing masing dengan membaca Alquran atau ibadah sunnah lainnya. Dengan melakukan ini, baraya semoga bisa mendapatkan Lailatul Qadar.

Allah SWT berfirman dalam surat Al – Qodar ayat 1-5 ;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

 سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ


Artinya : (1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).


3. Bulan Penuh Ampunan

Baraya pasti pernah menjalankan berbagai kesalahan dan sangat berdosa. Tetapi, jangan khawatir baraya memiliki kesempatan untuk menghapus berbagai jenis kesalahan yang dilakukan dengan cara bertaubat di bulan Ramadhan ini. 

Itulah mengapa alasan Ramadhan disebut sebagai bulan penuh ampunan. Karena pada bulan ini berbagai jenis ampunan akan diberikan oleh Allah SWT.Ampunan ini akan diberikan kepada seluruh umat yang memang benar-benar ingin meminta pertolongan.

Selain berdoa dan meminta apapun yang diinginkan ketika bulan puasa. Jangan sampai melupakan untuk meminta ampun dan bertaubat kepada Allah.Dengan melakukan ini kehidupan di masa depan akan berjalan dengan lebih baik. Bahkan tanpa ada hambatan sama sekali.

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ وَالْمُحَارِبِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَقَامَهُ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada kami 'Abdah dan Al Muharibi dari Muhammad bin Amru dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa yang sholat pada malam Lailatul Qadar niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (dosa kecil)." (Sunan Tirmidzi nomor hadits 683 versi Maktabatu Ma'arif Riyadh). 


Sekian informasi terkait 3 keistimewaan bulan Ramadhan yang bisa saya bagikan, semoga beragam informasi ini bisa bermanfaat untuk baraya Info MJLK semua ya. Nantikan kembali pembahasan info menarik seputar bula Ramadhan serta tips and trik yang akan saya bagikan ya, see you next time !


Irfan Kurnia Padllul Rohman

Post a Comment

0 Comments