3 Kegiatan ini Bisa Dilakukan Sembari Menunggu Sahur




infomjlk.id - Masih semangat kan untuk menjalankan puasanya? Masih dong soalnya baru juga lewat puasa kedua haha. Biasanya kalian sebelum sahur ngapain dulu nih? Apa cuma tidur, dibangunkan ibu bapa ketika sahur atau ada kegiatan lain yang dilakukan? Agar waktu menjelang sahur kalian bisa digunakan sebaik mungkin, lebih bermanfaat dan positif ikuti kegiatan yang ada di bawah ini yuk. Let's chek it out!


1. Melaksanakan Shalat Tahajud

Kegiatan pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melaksanakan shalat tahajud. Seperti yang diketahui banyak orang shalat tahajud dilakukan di sepertiga malam setelah terbangun dari tidur. Nah, kalian bisa tidur terlebih dahulu setelah menunaikan shalat tarawih setelah itu bangun di jam 2 untuk mendirikan shalat tahajud. Apa sih shalat tahajud itu? Shalat Tahajud merupakan shalat "sunnah muakkad" yang dilaksanakan pada malam hari atau sepertiga malam terakhir setelah terjaga dari tidur. Shalat ini dapat dikerjakan minimal dua rakaat. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 79 yang artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” Itu artinya siapapun yang menjalankan shalat tersebut akan mendapatkan tempat terpuji. Selain itu shalat tahajud juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, yaitu dikabulkan doa-doanya dan diampuni dosanya.


2. Membaca Al-Quran atau Menonton Film Kesukaanmu

Setelah baraya melaksanan shalat Tahajud, kalian bisa juga membaca Al-Quran untuk memperbanyak pahala di bulan suci ini. Salah satu surat yang bisa dibaca yaitu surat Al- Waqiah. Surat ini memiliki arti hari kiamat, yang diambil dari bunyi ayat pertamanya. Dengan membaca surat Al- Waqiah seseorang bisa dimudahkan segala urusannya, dijauhkan dari kemiskinan, dan mendapatkan syafaat di hari kiamat. Tetapi kalian juga bisa menonton TV, film, atau drama kesukaan sebelum waktu sahur tiba, sehingga baraya tidak akan tidur kembali dan bisa membantu untuk menyiapkan makanan untuk sahur.


3. Menyiapkan Makanan untuk Sahur

Baraya tahu tidak kalau sebenarnya jika kita menyiapkan makanan sahur untuk orang rumah akan mendapat pahala yang cukup besar lho. Apalagi bagi perempuan yang sedang tidak menjalankan ibadah puasa. Baraya bisa mempersiapkan makanan dengan memasak, menghangatkan makanan, atau membeli makanan diluar jika tidak ada lauk untuk sahur. Seperti yang tertulis dalam HR. Tirmidzi , Ibnu Majah, dan Ahmad: 


مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا


“Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” 


Baraya Majalengka tidak perlu bingung lagi ya untuk melakukan kegiatan saat menunggu sahur nanti. Beberapa kegiatan diatas bisa coba dilakukan. Yang paling penting shalat tahajud dulu, setelah itu jika ingin menonton film atau drama agar tidak mengantuk juga boleh saja. Dan yang terakhir jangan lupa siapkan makanan untuk sahur, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Kalau kalian ada rekomendasi kegiatan positif lainnya sembari menunggu sahur bisa tulis komentar dibawah ini yaa. See you, Baraya Infomjlk. 

Anggun L

Post a Comment

0 Comments