Mengenal Potensi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Desa Rajagaluh Kidul


infomjlk.id - Baraya infoMJLK pernah datang ke T'samie Noodle Bar atau piknik ke Aryakibans Land? Taukah baraya bahwa saat itu baraya sedang berada di Rajagaluh Kidul. Nah, begini potensi ekonomi kreatif dan pariwisata Desa Rajagaluh Kidul.

Letak geografis Desa Rajagaluh Kidul

Desa Rajagaluh Kidul berdiri di atas lahan seluas hektare, dan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 5000 jiwa. Desa Rajagaluh Kidul berada di Kecamatan Rajagaluh, berjarak hanya 1 kilometer dari pusat kecamatan, dan 15 kilometer dari pusat Kabupaten Majalengka. Desa ini berbatasan dengan Desa Rajagaluh di utara, Desa Sadomas dan Desa Kumbung di selatan, serta berbatasan dengan Desa Singawada di timur, dan Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji di barat.

Desa Rajagaluh Kidul berada di ketinggian 250 - 177 mdpl yang termasuk dataran rendah dan bagian dari daerah aliran sungai Ciwaringin. Bentang wilayah yang didominasasi pertanian dan sungai. Di mana Desa Rajagaluhkidul hampir sebagian besar berada di bibir sungai, dari hal itu pemerintahan desa menyiagakan agar masyarakat lebih menjaga kebersihan aliran air sungai dikarenakan masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan air untuk di manfaatkan sebagai sarana cuci dan minum. Dimana potensi lain yang nampak dari bersihnya sungai yaitu pemanfaatan menjadi sarana Pariwisata , Dengan curah hujan yang stabil di setiap tahunya sehingga memunculkan SDA lain yang ada di Desa Rajagaluhkidul yaitu Pertanian Holtikultura, hasil dari pengelolaan pertanian yang baik sehingga menjadi mata pencaharian warga sekitar dimana masyarakat membudidayakan tanaman hasil bumi (Bibit) sebagai sarana bertahan hidup/pekerjaan

Budaya Desa Rajagaluh Kidul

Desa Rajagaluh Kidul adalah salah satu desa yang masih memiliki budaya gotong royong yang kuat, tidak hanya dalam urusan memecahkan masalah, tapi juga dalam pembangunan. Jiwa gotong royong yang selalu bergerak bersama ini juga bisa dilihat menjadi jiwa dalam berbagai budaya kesenian dan acara keagaman seperti kesenian rebana atau alat musik gambus yang dimainkan di acara pernikahan maupun maulid nabi.

Rencana Besar Desa Rajagaluh Kidul

Desa Rajagaluh Kidul memiliki rencana besar, ingin menjadikan desa nya sebagai transit pariwisata karena diyakini bisa mengangkat potensi- potensi desa lainnya dimana yang kita ketahui bahwa potensi wisata di dataran yang lebih tinggi tergolong banyak dan beragam sebut saja Desa Desa Payung, Pajajar dan Teja. dimana Akses menuju Desa tersebut sedikit sulit karena jalanan yang menanjak dan semakin menyempit. Desa rajagaluh kidul mempunyai lokasi yang strategis yaitu dekat lokasi wisata dengan akses kendaraan yang lebih mudah, untuk itu dalam perencanaan ke depan, pemerintah desa bertekad akan menjadikan desa sebagai lokasi transit bagi pariwisata sekitar agar bisa menjangkau Pariwisata di Dataran yang lebih tinggi. Desa Rajagauh kidul sendiri memiliki banyak keunikan, diantaranya potensi unggulan wisata air Aryakiban Land, dan juga rumah dari berbagai produksi penganan masyarakat Majalengka. keunggulan dibidang pariwisata dan kuliner bisa berkolaborasi dan saling mensupport satu sama lain memberikan warna dan keunikan untuk perkembangan ekraf desa Rajagaluh kidul.

Banyak pengunjung ke Desa Rajagaluh Kidul membuat aktor ABCGM merumuskan ide untuk memanfaatkan keramaian yang dihasilkan dengan membuat inovasi terminal kuliner, di mana konsep yang dibawakan mempresentasikan makanan tradisional seperti Opak Ketan, Gula cakar, Raginang, Emping Melinjo, Tahu ,Kripik Jamur dan Opak Beca. Selain dari pada itu Kedai-kedai/Caffe di Desa Rajagaluhkidul sudah memiliki daya tarik tersendiri untuk pengunjung dengan menonjolkan kreativitasnya seperti Tsami, Seblak Syakila, Crabs 1818, Baso Iga Mang Jafra dan Saung Aryakiban. Kombinasi tersebut memberikan kebermanfaatan bukan hanya untuk pegiat Wisata dan Juga Kuliner, Terminal kuliner akan di Proyeksikan sebagai sarana anak muda sekitar untuk menyalurkan minat dan bakatnya dan memberikan kegiatan positif sehingga menekan angka kenakalan remaja di Desa Rajagaluhkidul, selain dari pada pengalaman jam terbang, kegiatan itu juga turut memberikan hiburan bagi pengunjung yang datang, oleh karenanya sektor yang lain akan turut terangkat diantaranya penjualan hasil bumi/penjual Bibit di sekitar tempat keramaian terminal. 

Potensi Ekraf dan Pariwisata Desa Rajagaluh Kidul

Desa Rajagaluh Kidul dikenal sebagai desa dengan potensi wisata Aryakiban Land, yang menariknya tempat tersebut pada awalnya adalah tempat pembuangan sampah. Aktor yang banyak berperan salah satunya adalah Pemuda Pelopor tahun 2021, yang saat ini ikut mengelola wisata Aryakiband land. Selain itu, terdapat kuliner dengan spesialisasi dari jamur, produksi gula cakar, produksi tahu kining. Selain itu terdapat kerajinan pembuatan sapu ijuk, dan anyaman, serta pembibitan, perkebunan, dan pertanian.

Post a Comment

0 Comments