Majalengka Turut Andil Pecahkan MURI Senam Kesehatan Jasmani IGORNAS Satu Juta Pelajar Indonesia

 


InfoMJLK -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menggagas program pemecahan rekor MURI Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) bagi sejuta pelajar se-Indonesia. Program itu diselenggarakan oleh IGORNAS pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 di setiap wilayah Indonesia. Dalam rangka menyukseskan pemecahan rekor MURI tersebut, Kabupaten Majalengka turut andil.


Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd. selaku Bupati Majalengka berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd. beserta jajarannya untuk menyelenggarakan SKJ bagi pelajar yang ada di Kabupaten Majalengka. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022 sesuai arahan dari IGORNAS. Kegiatan yang serentak diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia itu akhirnya berhasil memecahkan rekor MURI. Di Majalengka sendiri, kegiatan tersebut diselenggarakan di Lapangan GGM.


Tamu undangan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya ialah Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd. (Bupati Majalengka), Drs. H. Eman Suherman, M.M. (Sekretaris Daerah), Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka), Yusanto wibowo, S.IP., M.P. (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka), perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, dan perwakilan dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah IX.


Kegiatan dilaksanakan secara hybrid. Untuk offline, para pelajar yang hadir di GGM tercatat berjumlah sekitar dua ribu pelajar terdiri atas pelajar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK. Sementara itu, bagi sekolah yang lokasinya jauh dari GGM (sulit terjangkau) diarahkan untuk mengikuti kegiatan secara online serentak melalui live zoom meeting dari lapangan GGM.


"Untuk wilayah Kabupaten Majalengka, SKJ ini diikuti oleh para pelajar kelas 6 SD se-Kecamatan Majalengka dan seluruh pelajar dari SMPN 1 Majalengka, SMPN 2 Majalengka, SMPN 3 Majalengka, dan SMPN 4 Majalengka. Sebetulnya, seluruh SD dan SMP di Kabupaten Majalengka ikut serta, karena sudah ada surat edaran berisi rekomendasi seluruh satuan pendidikan SD SMP agar mengikuti pemecahan rekor MURI," ungkap Rizki Amaliatul Jannah, S.IP. selaku sekretaris pribadi Kadisdik Kabupaten Majalengka.


Menurut Rizki, sebelum diselenggarakan kegiatan ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka mengedarkan surat pemberitahuan ke seluruh satuan pendikan untuk ikut andil dalam pemecahan rekor MURI Senam Kesehatan Jasmani IGORNAS. Surat edaran dari Disdik tersebut kemudian diterima oleh seluruh Kepala Sekolah yang bersangkutan untuk kemudian mengarahkan tenaga pendidik dan peserta didiknya mengikuti kegiatan di Lapangan GGM. 


Sebelum kegiatan dimulai, Bupati menyampaikan sambutannya sekaligus meresmikan kegiatan secara langsung.

"Senam kesehatan jasmani ini menjadi bagian dari upaya kita menjaga kesegaran dan kesehatan," ungkap Bupati Majalengka dalam sambutannya.


Selain itu, Bupati Majalengka juga menyatakan bahwa senam ini harus menjadi kebutuhan kita, karena berolahraga (senam) akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Jika tubuh sehat dan bugar, para pelajarpun dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 


Para pelajar yang berbaris rapi di lapangan GGM mengikuti gerakan senam sesuai instruktur. Walau terik matahari menyoroti, tak membuat semangat mereka surut untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tak ketinggalan juga Bupati Majalengka beserta tamu undangan lainnya yang ikut serta melakukan gerakan senam dari instruktur. Semuanya kompak melakukan senam kesehatan jasmani (SKJ) dengan ceria untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.


Oleh Putri Siti Reykhani

Post a Comment

0 Comments