7 Makanan dan Minuman yang Selalu Ada Saat Ramadan

 


InfoMJLK -- Sudah satu pekan umat Muslim menjalani puasa di bulan Ramadhan. Sajian makanan dan minuman ketika berbuka ataupun sahur mulai berganti-ganti. Baik itu sajian manis, pedas, asin, bahkan gurih. 


Biasanya pergantian menu berbuka dan sahur dilakukan agar tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Namun, justru ada makanan dan minuman yang kehadirannya selalu menjadi prioritas utama. Apa saja sih makanan dan minuman itu? Yuk simak!


1. Kolak

Sejak dahulu, kolak ini selalu disajikan dari puasa hari pertama sampai hari terakhir. Entah itu kolak pisang, kolak candil, ataupun kolak labu. Biasanya Baraya menghidangkan kolak ini sebagai takjil karena rasanya yang manis.


2. Kurma

Sebagai makanan pembatal puasa, kurma selalu menjadi pilihan utama. Selain untuk mengikuti sunnah Nabi, kurma juga banyak manfaatnya loh, Baraya. Maka dari itu kehadirannya selalu dinantikan saat bulan Ramadhan.


3. Minuman Sirup

Selain kurma dan kolak, ada juga nih sajian berbuka yang selalu hadir. Yap, minuman sirup. Tak lengkap rasanya membatalkan puasa tanpa minuman manis, segar, dan berwarna. Maka, minuman sirup menjadi pilihan tepat untuk disajikan.


4. Sambal

Nah, kalau yang satu ini (khususnya orang Sunda) pasti sepakat banget. Makan saat berbuka ataupun sahur rasanya tak lengkap tanpa kehadiran sambal di piring. Tanpa sambal, rasanya ada yang hilang.


5. Gorengan

Kalau ini sih sudah dinobatkan menjadi pemegang tahta tertinggi menu yang selalu hadir. Hari pertama puasa sampai hari terakhir, gorengan akan selalu ada. Entah itu buat sendiri di rumah ataupun membeli. Pokoknya paling dicari dan diserbu deh.


6. Susu

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian saat berpuasa, Baraya pasti minum segelas susu saat sahur, kan? Padahal mungkin di hari-hari biasa, kehadiran susu ini sering terlupakan. Hayoo ngaku?


7. Multivitamin

Selain susu, Baraya juga sering memungkas sahur dengan minum multivitamin. Karena beraktivitas seharian sambil berpuasa membutuhkan energi yang lebih. Ingat Baraya, untuk menjaga daya tahan tubuh, multivitamin juga harus tetap dikonsumsi selain di bulan Ramadhan, yaa.


Nah, itulah makanan dan minuman yang selalu hadir saat bulan Ramadhan. Hmm, kira-kira sesuai dengan yang dialami Baraya gak, ya?

Post a Comment

0 Comments