Polda Jabar Kunjungi Cicenang, Lihat Minyak Jelantah yang Disulap Jadi Lilin Aromtherapy

 




InfoMJLK.Id — Lilin Cantik Jelantah (Lincah) hasil inovasi dan udunan dari warga Kelurahan Cicenang mendapatkan apresiasi dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar).


Awal mulanya program Lincah ini digagas oleh Lurah Cicenang, Sutisna, dan telah menjadi benda yang bermanfaat selama pandemi COVID-19. Berawal dari udunan warga terkait sisa minyak jelantah yang tak terpakai, lalu berhasil berbuah manis menjadi aromatherapy pengharum ruangan. 


Berkat kegigihan warga, dan peran dari babinsa serta bhabinkamtibmas Kelurahan Cicenang. Lincah mencuri perhatian pihak Polda Jabar. 


Lurah Cicenang, Sutisna pun mengaku bangga kampung dimana ia memimpin didatangi oleh perwakilan dari Polda Jabar. 


“Rombongan Polres terlihat puas, apalagi si Lincah ini lahir karena dibidani oleh kolaborasi kami bersama Babinsa, dan Bintibmas.” ucap Sutisna, saat ditemui di Kantor Kelurahan Cicenang, Kamis (26/8/2021). 


Lilin aromatherapy tersebut terlihat cantik, dari kejauhan seperti makanan agar. Tak hanya itu, benda ini bisa menjadi pilihan warga yang mungkin dari segi ekonomi kesulitan membeli pengharum ruangan. 


Saat dihubungi via saluran Whatsapp, Ibu Nunung yang merupakan anggota PKK kelurahan Cicenang, dan salah satu pembuat lincah menjelaskan bahwa lilin hasil udunan warganya ini merupakan perpaduan dari serah wangi juga parapin 


“Pewangi yang muncul dari lincah itu ada sereh wangi sebagai aroma terapi dan juga parapin,” tutur Nunung. 


Ia pun menjelaskan proses pembuatannya memakan waktu sekitar 1-2 jam hingga lilin nya dibekukan. 


“1  / 2jam dari mulai proses sampe pembekuan,” katanya. 


Kelebihan hadirnya Lincah ini ternyata dapat mendongkrak pendapatan perekonomian warga setempat. Apalagi disituasi yang serba sulit saat penerapan PPKM diberlakukan. 


Menurut Nunung melanjutkan, jika menyalakan Lincah pada kondisi pikiran tengah jenuh maka akan mempengaruhi pikiran menjadi lebih tenang menghadapi cobaan pandemi COVID-19. 


“Pada saat kita jenuh dengan situasi pandemi kita nyalain Si lincah dapat mempengaruhi pikiran tenang dan aroma nya yang wangi sebagai terapi   sebagai relaksasi bagi tubuh untuk kesehatan dan juga tambahan ekonomi buat keluarga pada saat PPKM,” ungkapnya. 


Selain itu, harga dari Lincah ini masih terbilang dapat dijangkau dengan mudah mulai dari 7 ribu tergantung dari isi gelas nya, apabila dikemas harga satuan mulai dari 15 ribu.

Post a Comment

0 Comments