Lima Makanan yang Wajib Ada Saat Lebaran




InfoMJLK.Id — Tak terasa bulan Ramadhan akan segera berpamitan. Hanya tinggal menghitung hari menuju hari lebaran. Berbagai macam kebutuhan untuk hari kemenangan harus segera disiapkan. Mulai dari pakaian hingga makanan. 


Ada beberapa menu makanan yang tidak pernah absen saat hari lebaran. Kehadirannya seperti syarat utama untuk menikmati kebersamaan. Selain mengenyangkan, makanan-makanan ini telah dinobatkan sebagai ciri khas hari kemenangan. 


Kira-kira makanan apa saja, ya? Yuk kita intip penjelasannya!


1. Ketupat

Lebaran sudah tentu identik dengan ketupat. Yap, makanan yang berbahan dasar beras atau ketan ini memiliki bentuk yang sangat unik seperti jajar genjang. Meskipun berbahan dasar yang sama, ketupat dengan lontong memiliki perbedaan. Yaitu dari bentuk dan daun pembungkusnya. Lontong terbuat dari daun pisang yang dibentuk bulat memanjang. Sementara ketupat terbuat dari daun kelapa berwarna hijau muda yang dianyam. Di ujung atas ketupat terdapat dua helai daun yang dibiarkan menjuntai. Hal ini untuk memudahkan ketupat ketika digabungkan dengan ketupat lainnya. Setelah ketupat dibentuk, beras dimasukkan ke lubang kecil ketupat yang ada di atas. Kemudian ketupat direbus hingga matang dan siap disantap.


2. Opor ayam

Siapa yang tidak pernah menghadirkan menu makanan ini saat lebaran? Tentu baraya tidak pernah melewatkan menu yang satu ini. Masakan khas lebaran ini terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Warnanya yang kuning kecoklatan, kuahnya yang kental, rasanya yang gurih, menjadi penjelas bahwa opor ayam adalah makanan yang sangat lezat. Makanan ini sering disajikan bersama potongan ketupat di atas mangkuk atau piring. 


3. Rendang

Makanan khas Nusantara dari daerah Minangkabau ini memang sering disajikan saat lebaran. Daging sapi yang empuk dimasak dengan santan dan bumbu rempah pilihan. Proses memasak rendang memang cukup lama karena harus menggunakan suhu rendah. Namun, inilah rahasia kenikmatan makanan ini. Dimasak dengan waktu yang cukup lama membuat bumbunya semakin meresap dan kental. Cocok dicicipi bersama ketupat dan opor ayam.


4. Sambal goreng kentang dan ati ampela

Baraya pasti selalu menemukan makanan ini di acara-acara tertentu seperti tasyakuran atau pernikahan. Ternyata, makanan ini juga tidak pernah absen saat hari lebaran loh. Makanan ini terbuat dari ati ampela ayam dengan bumbu sambal dan tambahan kentang. Ati ampela dan kentang dipotong dadu berukuran kecil. Kemudian dimasak dengan bumbu sambal dan rempah lainnya hingga tercampur rata. Jika baraya suka dengan petai, bisa ditambahkan untuk menjadi pelengkap masakan ini.


5. Semur

Ada lagi makanan berbahan dasar daging ayam hadir di hari lebaran. Yap, semur. Makanan ini terbuat dari daging ayam yang direbus kemudian diolah dalam kuah berwarna cokelat. Kuah tersebut terbuat dari campuran kecap manis dan bumbu rempah lainnya. Tak hanya daging ayam, baraya juga bisa menambahkan tahu, tempe, dan telur. Semakin melengkapi kenikmatan hidangan masakan ini.


Nah, itulah lima makanan yang menjadi ciri khas lebaran. Mau memasak yang mana nih?


Post a Comment

0 Comments