Inilah Lima Jajanan Majalengka yang Hits Wajib Dicoba Bikin Ngiler




InfoMJLK.Id — Setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing. Baik itu yang manis, asin, atau pedas. Makanan khas ini sangat mudah dikenali oleh orang-orang karena banyak diminati. Sebut saja makanan-makanan itu dengan "jajanan".


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jajanan memiliki makna penganan yang dijajakan; kudapan. Harus Baraya ketahui, jajanan di Majalengka sangat banyak. Mulai dari yang dijajakan di gerobak dorong hingga yang disajikan di toko. 


Nah, inilah lima jajanan di Majalengka yang hits banget. Orang Majalengka asli ataupun wisatawan wajib mencobanya. Yuk kita intip!


1. Jalakotek Paniis

Jika sampai sekarang ada yang belum mencicipi jalakotek, tandanya harus diragukan ke-Majalengka-annya. Jalakotek merupakan makanan khas Majalengka yang sudah terkenal hingga luar kota. Bisa disebut makanan ini sudah sangat melegenda. Makanan yang terbuat dari tumis tahu dan wortel dilapisi kulit yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka ini memiliki bentuk menyerupai pastel. Setelah digoreng, Baraya bisa menyempurnakan kenikmatan rasa jalakotek dengan tambahan bumbu pedas dan asin yang dicampur atau dengan sambal hijau di atasnya. Rasa gurih, manis, dan pedas menyatu di mulut. "Enak pisan," menjadi frasa paling sempurna untuk menjelaskan kelezatan jajanan ini. Jalakotek yang hits ini bisa dipesan melalui telepon atau langsung datang ke rumah produksinya di Desa Paniis Blok Sukamaju, Maja, Majalengka. Jangan sampai kehabisan, karena Ibu Aan (owner) hanya memproduksi jalakotek sebanyak 100 pcs setiap hari.


2. Dimsum Hiro

Baru-baru ini kita mengenal makanan bernama dimsum. Menurut Wikipedia, dimsum adalah istilah dari bahasa Kantonis yang artinya adalah makanan kecil. Di Indonesia, bahasa ini sering disebut bahasa Konghu yang merupakan salah satu dialek bahasa Tionghoa Yue. Sebagian orang tahu bahwa dimsum populer ke dunia karena berasal dari Hongkong. Makanan yang terbuat dari daging dilapisi kulit pangsit ini sekarang sudah hadir di Majalengka, loh. Namanya ialah Dimsum Hiro. Varian dimsum di sini sangat beragam. Ada siomay udang, siomay kepiting, siomay ayam, siomay nori, siomay mozza, hisit kao, kuotie, lumpia ayam, lumpia udang, bakpao susu, hakau, kumis naga, ekkado, dan wonton. Semua varian dimsum harganya Rp 13.000 per porsi. Rasanya tidak perlu diragukan lagi. Super enak bikin ketagihan. Apalagi ketika digigit, dimsumnya meleleh di mulut. Dipadukan dengan rasa pedas gurih dari chilli oil yang diracik sendiri dengan bumbu rempah pilihan. Pokoknya surga kenikmatan deh rasanya. Cek instagramnya @dimsumhiro atau langsung datang ke tempatnya di Jl. Pahlawan No. 219, Majalengka. Buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 22.00.


3. Seblak Ceker Naga

Pusing? Butuh yang gurih, nikmat, pedas? Seblak Ceker Naga adalah jawabannya. Baraya mungkin sudah kenal dengan makanan bernama seblak. Tapi, seblak yang hits ini wajib banget dicoba. Makanan yang berasal dari Bandung ini terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan sayuran, telur, ayam, dan dimasak dengan bumbu rempah pilihan seperti kencur. Sekarang Baraya bisa menikmati varian kelezatan seblak di Seblak Ceker Naga. Ada seblak katumbiri, seblak cenghar, seblak sayap, seblak ceker, dan seblak laut. Di sini juga tersedia nasi gila seblak, baso aci, baso cengek, cireng kuah, dan berbagai varian rice bowl. Harga mulai dari Rp 10.000 saja Baraya bisa menikmati jajanan hits Majalengka ini tanpa menguras dompet. Saking populernya, seblak ini sudah memiliki tiga cabang di seluruh penjuru Majalengka. Pusatnya ada di Jl. Imam Bonjol No. 97, Majalengka. Cabangnya ada di Yogya Grand lantai 2, Surya Kadipaten, seberang Surya Jatiwangi, dan Rajagaluh (200 meter dari terminal arah Leuwimunding). Buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 21.30. Instagram @seblakcekernaga.


4. Kuro-kuro

Jajanan manis yang hits di Majalengka salah satunya bernama Kuro-kuro. Ini adalah roti kukus dan panggang dengan berbagai varian rasa. Jajanan ini merupakan cabang dari jajanan Kuro-kuro yang ada di Bandung, loh. Dan sekarang hadir di Majalengka. Baraya bisa menikmati menu manis ataupun asin, juga bisa memilih rotinya dikukus atau dipanggang. Untuk menu manis, tersedia berbagai rasa seperti strawberry, keju, coklat, kacang susu, vanilla, duren, dan lain-lain. Sementara untuk menu asin, tersedia dengan isian telur, sosis, mayo, kornet, dan keju. Harga mulai dari Rp 5.000 saja Baraya bisa mencicipi jajanan sehat, enak, dan hemat. Ingin memesan menu premium? Tentu bisa. Ada ovaltine, toblerone, nutella, beef, skippy, dan lain-lain. Cek instagramnya di @kurokuromajalengka atau langsung datang ke tempatnya di Jalan Pahlawan, samping Alfamart Pahlawan, Majalengka. Buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 21.00.


5. Salad Yook

Siapa sih yang tidak suka dengan salad? Makanan sehat dan nikmat yang dilumuri saus mayonaise, susu, dan keju. Menyantapnya langsung ketika keluar dari lemari pendingin lebih mantap. Jajanan ini hits banget di Majalengka sampai luar kota, loh. Baraya bisa menikmati makanan sehat ini dengan tiga varian rasa saus manisnya. Ada yang original, greentea, dan taro. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Ada yang small, medium, large, dan extra large. Harganya juga aman. Mulai dari Rp 10.000 saja Baraya sudah bisa mencicipi makanan sehat, bergizi, dan lezat. Langsung datang ke tempatnya di Jl. Pemuda, Majalengka. Buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 20.00. Instagram @salad.yook_



Jadi, sudah coba semua jajanan hits Majalengka ini belum?

Post a Comment

0 Comments