Inilah Empat Tempat Bukber Nuansa Sunda di Majalengka yang Wajib Dikunjungi




InfoMJLK.id — Ada kabar gembira dalam menjalani ibadah puasa di tahun ini. Momen buka puasa bersama diizinkan oleh pemerintah. Pilihan tempat makan dengan nuansa sunda di Majalengka pun wajib dicicipi! 

Apalagi beberapa rumah makan di Majalengka banyak disuguhkan dengan landscape keindahan alam yang memanjakan mata. Tak hanya itu, setiap sudut ruangannya pun kental dengan aroma tradisional nuansa sunda. 

Hmmm, kira-kira rumah makan yang mana, ya? Berikut ulasannya.

1. Sawah Aki

Rumah makan dengan konsep outdoor ini terletak di Desa Kulur. Menu makanan yang disajikan di rumah makan ini sangat beragam. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ikan bakar, hingga seafood. Pokoknya menu makanan yang khas Sunda ada di sini. Sesuai namanya, di rumah makan ini kalian bisa menikmati santap buka puasa sambil melihat pemandangan sawah yang terbentang. 

Di rumah makan ini tersedia beberapa saung-saung yang terbuat dari kayu sebagai tempat makan. Tidak hanya di saung, kalian juga bisa memilih menyantap makanan di meja makan atau bisa juga di lesehan. 

2. Pondok Dahar H. M. Djaja

Kalau kalian ngabuburit ke bunderan Munjul atau Taman Dirgantara, kalian akan menemukan rumah makan ini. Lokasinya berdampingan dengan SDIT Insan Kamil Majalengka. Rumah makan ini mengusung konsep lesehan, tetapi di sini juga tersedia beberapa meja makan. 

Sambil menyantap menu buka puasa, pandangan pengunjung akan dimanjakan dengan beragam ikan hias yang ada di kolam. Di rumah makan ini terdapat berbagai masakan Nusantara, utamanya khas Sunda. Mulai dari seafood, olahan ikan tawar, hingga sambal dan lalapan yang sangat identik dengan daerah Sunda.

3. Saung Sang Raja

Beralih menuju dataran tinggi, di daerah Cigasong tepatnya di Sangraja terdapat rumah makan bernama Saung Sang Raja. Nama tersebut memang diambil dari nama daerah lokasi rumah makan ini.

Saung Sang Raja ini mengusung dua konsep yaitu modern dan tradisional. Terbukti dengan adanya taman, jembatan kecil di atas kolam, dan beberapa spot foto lainnya yang instagramable. Namun, sepertinya pemilik juga ingin menyuguhkan nuansa Sunda. Terbukti dengan disediakannya saung lesehan di atas kolam dengan dinding bilik yang dicat cokelat. 

Menu makan di sini juga sangat khas dengan makanan Sunda. Mulai dari karedok, perkedel jagung, ikan bakar, nasi bakar, timbel, sayur asem, hingga seafood. Pengunjung yang datang bersama keluarga juga bisa menikmati fasilitas taman bermain untuk anak. 

4. Rumah Makan Samara Desa

Masih di Sangraja, sekitar 1 kilometer dari Saung Sang Raja, terdapat rumah makan di tepi jalan yang cukup luas dengan pemandangan sawah dan semilir angin, yaitu Rumah Makan Samara Desa. 

Di sini tersedia menu makanan khas Sunda yang rasanya bersaing. Mulai dari ikan bakar cabe hijau, tumis kangkung, sambal, tempe mendoan, hingga sop iga. Mengusung konsep tradisional Sunda dengan saung-saung lesehan yang ada di atas kolam. Selain itu, kalian juga bisa memilih menyantap makan di meja makan. Satu yang unik dari rumah makan ini yaitu tersedia pula homestay di dalam rumah makan.


Nah, itulah destinasi buka puasa bersama dengan nuansa Sunda dan pemandangan pesawahan. Tertarik buka puasa bersama di mana, nih?

Post a Comment

0 Comments