Wagub Jabar : Menikmati Lanskap Pegunungan Ditemani Durian Sinapeul yang Legendaris




*KAB MAJALENGKA* – Siapa tak suka durian? Buah manis beraroma kuat memang punya banyak penggemar. Bagi yang ingin puas melahap buah dengan kulit berduri ini, bisa datang langsung ke kawasan Agrowisata Durian di Desa Ujungberung Kecamatan Sidawangi, Kabupaten Majalengka. 


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, mengaku puas menikmati durian perwira sinapeul khas Majalengka. Rasa manis, daging buah yang tebal, terasa lumer saat masuk kedalam mulut.


Pun selain durian perwira sinapeul, kawasan agrowisata tersebut juga memiliki jenis lain, yakni durian matahari, ketan, serta beberapa jenis durian lainnya.


"Kabupaten Majalengka memang banyak potensi desa wisatanya. Ini salah satunya agrowisata durian, tanahnya bagus, ada potensi durian perwira yang tidak dimiliki daerah lain. Rasanya manis buahnya besar," ungkap Wagub Jabar.


Di kawasan agrowisata terdapat ribuan pohon durian yang tersebar di halaman seluas kurang lebih 13 hektare. Saat musim panen tiba, para pengunjung diperkenankan memetik sendiri durian di kawasan tersebut.


Semakin istimewa, lanskap alam pegunungan membuat suasana menikmati durian semakin nikmat. Sebab di sekitar Desa Ujungberung tersaju pemandangan indah Gunung Putri, Gunung Rompang, dan Gunung Kandaga.


Kang Uu-- sapaan Wagub Jabar mengatakan bahwa Pemdaprov Jabar komitmen mengali potensi desa- desa yang punya potensi dan daya jual. Tujuannya, demi kemerataan ekonomi.


Untuk itu, Pemdaprov Jabar pun telah menjalankan beberapa program, di antaranya OVOC (One Village One Corporate), OPOP (One Pesantrean One Product), selanjutnya ada pengembangan desa wisata yang terus berlangsung.


"Di Jawa Barat, potensi desa wisata luar biasa. Pak Gubernur mengembangkan potensi wisata sekala desa ditingkatkan menjadi skala daerah, yang skala daerah ke skala nasional, misalnya Situ Bagendit (Garut). Yang sudah nasional ditingkatkan menjadi internasional, seperti contohnya kawasan Pangandaran, Geopark Ciletuh," sebutnya. 


"Potensi yang belum terjamah untuk dikembangkan wisata, maka itu harus dikembangkan, saya ditugaskan Pak Gubernur menggali potensi desa wisata. Pak Gubernur ingin, minimal satu kabupaten 10 desa wisata dikembangkan. Dengan harapan ekonomi di Jawa Barat tidak tertumpu di daerah atau sektor tertentu saja," pungkasnya.


Sosok Panglima Santri Jabar pun berharap, setelah kunjungannya ke kawasan agrowisata itu. Pemdaprov Jabar lewat dinas terkait bisa memberi bantuan.


Wagub minta kawasan agrowisata ini dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana seperti tempat ibadah berupa masjid. Sehingga para wisatawan yang datang bisa melaksanakan ibadahnya sewaktu melakukan kunjungan wisata.


Kepala Desa Ujungberung Aris Susanto berujar bahwa desanya kerap kali dikunjungi para penikmat durian. Bahkan tak jarang banyak yang sengaja datang untuk membeli durian perwira dalam jumlah yang banyak.


Ia pun mengaku senang, atas kunjungan Wagub Jabar ke kawasan Agrowisata. Selain semakin memperkenalkan Desa Ujungberung ke masyarakat yang lebih luas. Kedatangan Wagub Jabar menurutnya merupakan suatu bentuk perhatian khusus bagi desanya.


Sekitar dua tahun ke belakang, sambung dia, dengan semakin terkenalnya Desa Ujungberung sebagai kawasan agrowisata, ribuan wisatawan berdatangan untuk mencari durian.


"Paling diburu durian perwira sinapeul khas Majalengka," pungkasnya. 


Source : Humas Jabar 

Post a Comment

0 Comments