PJ Gubernur Jabar Minta Seluruh Daerah Akselerasi TPS3R untuk Tuntaskan Permasalahan Sampah

Source: Biro ADPIM Jabar

InfoMJLK.id -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin meminta seluruh kabupaten dan kota terus mengakselerasi pembangunan tempat pengelolaan sampah dengan metode reduce reuse recycle (TPS3R). Menurutnya, pengelolaan di TPS3R yakni sampah yang diolah kemudian diarahkan menjadi energi baru terbarukan seperti refuse derived fuel (RDF) yang dibutuhkan dan bisa dijual ke pabrik-pabrik pengolahan. 

Sebagai acuan, di Kota Bandung sendiri telah dikembangkan sampah nonorganik menjadi RDF. Pihak PJ Gubernur melalui liputan6.com meninjau TPS3R milik Ence Azis setelah di tempat yang sama mendengarkan pemaparan Tim Satgas Persampahan Bandung Raya. 

Pihaknya mengatakan, TPS3R Ence Azis dapat mengolah sampah sampai 6 ton per hari selama delapan jam. Ia ingin ada peningkatan kapasitas menjadi 10 ton sampah per hari. Adapun untuk membuat satu TPS3R membutuhkan anggaran sekitar Rp3 miliar. 

Intinya, PJ Gubernur Jabar ingin permasalahan sampah tuntas di tahun ini, dengan Kota Bandung sebagai percontohan untuk kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Post a Comment

0 Comments